Tips Memilih Tepung Terigu

memilih tepung terigu

Bagaimana cara memilih tepung terigu yang tepat? Bahan yang terbuat dari biji gandum ini memang sangat pas untuk membuat berbagai jenis makanan. Sebut saja aneka roti, kue, dan lain sebagainya. Namun ada kalanya orang awam bingung menentukan mana yang harus digunakan.

Tentu apabila Anda hobi membuat roti atau bahkan Anda menjadi pebisnis bakery pasti membutuhkan bahan baku yang tepat dan berkualitas. Agar hasil racikan Anda sesuai dengan yang diharapkan, maka ada beberapa cara dalam memilih tepung terigu.

Berikut tips memilih tepung terigu yang baik, dilansir dari deskJabar.

Baca juga: Bagaimana Cara Membangun Toko Donat Sendiri dari Awal

1. Perhatikan Fisik dan Baunya

memilih tepung terigu

Saat memilih tepung yang tepat, sebaiknya Anda amati dari permukaannya terlebih dahulu. Selain bisa mendeteksi cacat produk, pengamatan dari luar ini juga mudah dilakukan.

Perhatikan apakah terdapat kutu di dalam bungkus terigu yang akan Anda gunakan. Serta perhatikan apakah timbul bau apek yang tercium dari dalam kemasannya. Apabila kedua hal ini terlihat baik, maka Anda bisa melangkah ke tahap berikutnya.

2. Memilih Tepung Terigu Sesuai Tujuan

memilih tepung terigu

Pada prinsipnya, terigu dapat digunakan untuk membuat berbagai makanan. Semua tergantung kreasi Anda. Tetapi apabila Anda ingin mendapatkan hasil maksimal maka pilih terigu yang paling sesuai.

Tepung terigu terdiri dari tiga jenis umum, yaitu terigu berprotein tinggi, sedang dan rendah.

Gunakan tepung berprotein tinggi untuk membuat mie dan roti, protein sedang untuk cake, dan protein rendah paling pas digunakan saat membuat gorengan yang renyah.

3. Teksturnya Baik

Ilustrasi tepung terigu. Foto: Wikimedia.

Apabila Anda sudah menemukan terigu yang akan Anda gunakan, jangan lupa untuk rasakan teksturnya. Tepung yang berkualitas akan terasa halus dan tidak menggumpal saat Anda pegang.

Apabila terigu yang Anda gunakan terdapat gumpalan, maka kemungkinan besar hasil makanan yang Anda dapatkan tidak akan lembut.

4. Memilih Tepung Terigu Berdasarkan Warna

memilih tepung terigu
Ilustrasi tepung terigu. Foto: Flickr.

Perhatikan bagaimana warna tepung. Bahan baku yang sering dijadikan komponen utama roti ini memiliki kualitas baik apabila warnanya putih bersih.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk menguji kualitas tepung adalah dengan memasukkan sekitar 20g terigu ke dalam air. Setelah itu aduk selama 10 menit. Terigu dengan kualitas baik akan meninggalkan air yang bersih. Sementara apabila tepung tersebut buruk maka air akan menjadi kusam.

Semoga dengan ulasan singkat ini Anda bisa mencari terigu yang paling tepat dan berkualitas untuk kreasi makanan Anda!

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments