Rahasia Sukses Bisnis Toko Roti dengan Email Marketing

sukses bisnis toko roti

 

Ingin sukses bisnis toko roti? Jika ya, maka Anda perlu mengetahui cara memanfaatkan email marketing sebagai salah satu strategi pemasaran yang efektif dan murah.

Email marketing adalah cara mengirimkan pesan promosi atau informasi kepada pelanggan atau calon pelanggan melalui surat elektronik (surel) atau email. Dengan cara ini, Anda bisa membangun hubungan yang baik dengan pelanggan, meningkatkan loyalitas dan retensi mereka, serta menarik pelanggan baru.

Bagaimana cara membuat email marketing yang menarik dan efektif untuk bisnis bakery Anda? Simak rahasia sukses bisnis toko roti dengan email marketing di artikel ini.

Tips Sukses Bisnis Toko Roti menggunakan Email Marketing

Ilustrasi email marketing. Foto: Pinterest.

Anda yang sedang menjalankan bisnis terutama bisnis bakery tentu menginginkan kesuksesan bukan? Salah satu aspek sukses dalam bisnis adalah usaha Anda mampu menghasilkan uang. Bagaimana caranya? Salah satunya melalui email marketing.

Dilansir dari Bakers Journal, ada sebuah studi menarik dari Statista. Pada tahun 2020 diketahui potensi pemasaran melalui surat elektronik (surel) atau email senilai 7.5 milyar dolar. Diperkirakan angka ini meningkat sampai 17.9 miliar dolar pada tahun 2027!

Laporan lain yang dibuat oleh McKinsey mengatakan juga bahwa pemasaran melalui email 40 kali lipat lebih efektif dibandingkan Facebook dan Twitter yang digabungkan. Dibandingkan dengan media sosial yang hanya mampu mendatangkan likes namun sedikit pembeli, email marketing jauh lebih efektif dalam pembuatan keputusan konsumen.

Bagaimana caranya agar pemasaran melalui email ini dapat Anda lakukan? Berikut tipsnya:

Membangun Mailing List

Mailing list adalah daftar alamat email dari orang-orang yang tertarik dengan produk atau layanan Anda. Cara ini dapat Anda gunakan untuk mengirimkan informasi, promosi, atau penawaran kepada pelanggan potensial atau loyal.

Ada beberapa cara untuk membangun mailing list bagi bisnis bakery, antara lain:

  • Meminta alamat email pelanggan saat mereka melakukan pembelian atau pemesanan, dan meminta izin untuk menambahkan mereka ke mailing list Anda.
  • Menawarkan tautan newsletter di website atau tautan di media sosial untuk orang-orang yang ingin mendaftar untuk newsletter Anda. Newsletter adalah salah satu cara untuk memberi tahu pelanggan tentang acara, produk, dan informasi terbaru tentang bisnis Anda.
  • Menawarkan opt-in freebies. Siapapun senang dengan sesuatu yang gratis. Cara ini efektif untuk menarik orang-orang untuk bergabung dengan mailing list Anda. Contoh freebies dapat berupa kupon, resep, ebook, atau sampel produk.

Memilih Platform

sukses bisnis toko roti
Ilustrasi marketing melalui email yang dilakukan Starbucks. Foto: Pinterest.com/Suzie Morgan.

Setelah Anda memiliki sejumlah nama untuk dimasukkan ke dalam mailing list, langkah selanjutnya adalah menentukan platform apa yang akan digunakan untuk menyebarkan email. Pemilihan ini penting karena Anda perlu melacak apa saja email yang Anda buat dan kirimkan.

Beberapa platform yang populer digunakan antara lain HubSpot, Mailchimp, Omnisend, dan lain sebagainya. Tenang saja, banyak dari aplikasi ini memiliki program penggunaan gratis agar Anda bisa mencoba terlebih dahulu. Contohnya Mailchimp memiliki free plan bagi bisnis yang memiliki 500 konsumen di dalam mailing list-nya.

Secara umum, berbagai platform ini akan melacak hasil dari setiap kampanye pemasaran yang Anda kirimkan melalui email. Dengan begitu Anda dapat menilai mana yang efektif dan mana yang tidak. Anda juga dapat menemukan kebiasaan konsumen Anda dari kecenderungan reaksi mereka setelah Anda membuat email pemasaran tertentu

Memberikan Sambutan Selamat Datang Melalui Email

Siapa saja senang diberikan sambutan, termasuk dalam email. Pastikan Anda berikan 3 – 5 buah email bagi konsumen Anda yang tergabung di dalam mailing list. Beberapa email sambutan ini berisi ucapan selamat datang dan pengenalan kepada bisnis, produk, dan jasa yang Anda tawarkan.

Atur sedemikian rupa kapan konsumen Anda akan mendapatkan setiap email ini. Misalnya email pertama harus diterima secepat mungkin terutama ketika ingatan konsumen masih “hangat” dan segar mengenai bisnis Anda. Setelah itu Anda tentukan kapan email berikutnya akan dikirimkan secara otomatis.

Sukses Bisnis Toko Roti dengan Membangun Hubungan Bersama Pelanggan

sukses bisnis toko roti
Ilustrasi email marketing. Foto: pinterest.com/maildesigner365.

Serupa dengan hubungan antar manusia lainnya, Anda juga perlu membangun hubungan bersama pelanggan. Inilah keunggulan email marketing karena mampu berinteraksi langsung dengan konsumen Anda.

Komunikasikan apa yang bisnis Anda lakukan lewat email. Misalnya apakah Anda mengembangkan croissant baru? Beri tahu pelanggan Anda melalui email. Contoh berikutnya, Anda akan mengadakan peluncuran produk baru. Anda bisa tawarkan diskon terbatas untuk pelanggan yang pertama kali mencoba produk baru tersebut.

Apakah Anda menawarkan diskon? Ada banyak kesempatan sepanjang tahun untuk menawarkan sesuatu yang spesial seperti Hari Valentine atau Natal, jadi rencanakan dengan baik dan jadikan email marketing sebagai bagian dari rencana keseluruhan.

Itulah beberapa tips mengembangkan toko roti Anda dengan memanfaatkan email marketing. Apakah Anda akan segera memulainya?

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments