3 Tips Memilih Pisang untuk Bahan Baku Kue

Indonesia memiliki berbagai jenis kue yang terbuat dari pisang. Namun pastikan Anda tidak memilih pisang yang salah. Sebab jika itu terjadi, menu yang akan Anda sajikan dapat menjadi tidak maksimal.

Dilansir dari kompas.com, ada beberapa tips untuk memilih pisang yang tepat agar kue khas Indonesia yang Anda buat memiliki rasa yang enak dan sesuai harapan.

1. Pilih Jenis Pisang yang Tepat

memilih pisang
Foto: pxfuel 

Tidak semua pisang bisa Anda gunakan untuk menjadi bahan baku kue. Jenis buah yang berwarna kekuningan ini saat matang yang paling cocok untuk kue adalah jenis tanduk, kepok, dan uli.

Namun perhatikan pula agar Anda tidak begitu saja mencampurnya. Karena Anda perlu mengukus pisang tersebut terlebih dahulu. Ingat, Anda ingin membuat kue, bukan pisang goreng.

2. Hindari Memilih Pisang yang Masih Terlalu Muda

memilih pisang
Foto: pixabay 

Pisang yang terlalu muda tidak cocok untuk dijadikan sebagai bahan baku kue. Karena rasa yang dihasilkan tidak akan maksimal. Jika dipaksakan hanya akan menghasilkan rasa yang sepat dan bahkan sedikit pahit.

Bayangkan jika Anda akan menyajikannya kepada tamu atau saudara Anda. Pasti mereka sudah membayangkan manisnya kue yang Anda berikan itu. Jangan sampai mereka kecewa hanya karena Anda salah memilih pisang.

Pilihlah buah pisang yang sudah tua. Bagaimana cara mengenalinya? Dikutip dari akun @my.foodplace, ada beberapa ciri khas pisang yang matang.

Anda bisa melihatnya dari warna kulit. Warna pisang yang berwarna terang artinya sudah matang. Begitu juga jika sudah mengembung, dan mulai timbul bintik kecoklatan. Sudah hampir dapat dipastikan jika pisang tersebut matang.

3. Pastikan untuk Memilih Pisang Lokal Jika Anda akan Membuat Kue Tradisional

Foto: piqsels

Karena kue tradisional adalah makanan khas Indonesia, maka Anda juga harus menggunakan pisang lokal agar cita rasa yang dihasilkan sempurna.

Misalnya saja Anda dapat menggunakan pisang ambon ketika membuat kue. Buah dengan varian ini sangat tepat dijadikan adonan kue khas nusantara dengan cara dicampur, bukan diisi.

Baca juga:

Mengenal 5 Jenis Tepung Bahan Roti dan Kue

5 Bahan Makanan yang Tidak Boleh Disimpan Terlalu Lama

5 Bahan Dasar untuk Membuat Roti dan Kue

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments