Tips Mudah Membersihkan Sisa Adonan Roti Tanpa Repot

membersihkan sisa adonan roti
ilustrasi bench scraper. Foto: Amazon.

Pernah mengalami kesulitan membersihkan sisa adonan roti yang menempel pada berbagai peralatan baking? Ada cara mudahnya lho!

Tepung dan air merupakan bahan baku utama untuk membuat roti dan kue. Di sisi lain, keduanya dapat menjadi lengket bagaikan lem. Tapi Anda tidak perlu khawatir. Dilansir dari artikel berjudul “How to Clean Up Dough After Baking” dari Food & Wine, ada beberapa trik yang bisa Anda lakukan.

1. Gunakan Air Dingin untuk Membersihkan Sisa Adonan Roti

membersihkan sisa adonan roti
Gunakan air dingin untuk menghilangkan sisa adonan roti atau kue. Foto: Image creator.

Gunakan air dingin saat membersihkan peralatan baking. Sebab air panas akan memperkuat gluten di dalam tepung. Apabila itu terjadi maka akan membuatnya lengket dan sulit dibersihkan.

Air dingin dan sabun akan membantu melarutkan sisa adonan roti tanpa membuatnya menjadi lengket seperti lem. Anda juga dapat merendam mangkuk dan peralatan yang kotor dengan air dingin jika perlu. Tapi pastikan Anda tidak merendam sendok atau penggiling adonan dari kayu ke dalam air dingin.

Setelah gumpalan-gumpalan besar adonan roti hilang, Anda dapat beralih ke air hangat lagi untuk membersihkan sisa-sisanya.

2. Gunakan Bench Scraper

Ilustrasi bench scraper. Foto: Amazon.

Bench scraper adalah alat untuk membuat adonan roti atau kue menjadi rapi. Terbuat dari logam atau plastik dengan pegangan di salah satu sisinya, alat ini juga dapat dimanfaatkan untuk membersihkan sisa adonan dari permukaan perkakas dapur.

Pegang bench scraper dengan pegangan di salah satu sisinya. Lalu letakkan sisi datar dari logam atau plastik di permukaan alat baking yang kotor karena adonan menempel.

Gerakkan bench scraper dengan sudut 90 derajat terhadap adonan dan tekan dengan kuat untuk mengangkat adonan yang menempel. Ulangi sampai permukaan alat baking bersih dari adonan.

3. Gunakan Spons yang Tidak Berpori

membersihkan sisa adonan roti
Ilustrasi spons tanpa pori. Foto: Image creator.

Cara lain untuk membersihkan sisa adonan membandel dari permukaan peralatan dapur yaitu menggunakan spons. Lebih baik lagi jika menggunakan spins yang tidak berpori. Misalnya saja spons yang terbuat dari silikon.

Dengan menggunakan spons silikon Anda akan lebih mudah dalam membersihkan berbagai perkakas dapur. Spons silikon juga lebih tahan lama dibandingkan dengan spons dapur biasa.

4. Gunakan Kuas atau Sikat Bulu (Bristle Brush)

membersihkan sisa adonan roti
Ilustrasi bristle brush. Foto: Image creator.

Cara lain untuk mengenyahkan sisa adonan membandel setelah membuat roti atau kue adalah menggunakan bristle brush. Di Indonesia orang kerap menyebutnya dengan nama “kuas bulu” atau “sikat bulu.”

Sikat ini terbuat dari bulu hewan seperti kambing, kuda, atau unta. Kuas ini memiliki bulu yang kuat dan kaku sehingga dapat digunakan untuk membersihkan peralatan dapur dari adonan membandel.

Setelah Anda membersihkan peralatan dengan air dingin, gunakan bristle brush untuk menggosok permukaan yang kotor dengan tekanan sedang hingga bersih. Selain dapat digunakan untuk membersihkan perkakas dapur, sikat ini juga dapat digunakan untuk menggosok kentang atau sayuran lainnya.

Itulah tips untuk membersihkan peralatan baking dari adonan yang menempel. Apakah Anda memiliki saran atau trik jitu lainnya? Jika ada, silahkan share di kolom komentar ya!

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments