Bahan “Rahasia” untuk Membuat Dessert Coklat yang Menggugah Selera

dessert coklat
Kopi dapat menjadi penyeimbang rasa dessert. Foto: Pxhere.

Anda pasti suka dengan dessert coklat yang lembut, manis, dan lezat. Tapi tahukah Anda bahwa ada satu bahan yang bisa membuat hidangan penutup manis Anda menjadi lebih istimewa?

Dilansir dari sebuah artikel berjudul Boost the Flavor of Chocolate Desserts with This Ingredient” yang tayang di Food & Wine (10/02/2023), ada trik sederhana untuk membuat hidangan coklat terasa lebih lezat. Ternyata rahasianya adalah dengan menambahkan sedikit kopi ke dalam resep Anda. Bagaimana caranya? Simak terus artikel ini sampai habis!

Kopi Membuat Rasa Hidangan Penutup Coklat Jadi Lebih Enak

Anda tentu sudah paham bahwa kopi dan coklat merupakan pasangan serasi. Tetapi barangkali banyak yang belum tahu bahwa kedua bahan ini juga bisa digunakan untuk meningkatkan rasa dessert coklat.

Contoh makanan yang menjadi semakin lezat dari hasil paduan dua bahan ini antara lain kue meringue dan truffle kopi coklat. Tapi memangnya apa yang membuat mereka begitu cocok?

Ternyata jawabannya adalah “kontras.” Kopi yang cenderung pahit memberikan keseimbangan terhadap rasa manis coklat. Dengan begitu desert yang Anda buat menjadi tidak terlalu manis. Pada saat yang sama, kopi memberikan lapisan tambahan pada rasa desert. Bukan hanya manis tapi menjadi lebih kompleks dan kuat.

Bagaimana Cara Menambahkan Bahan ini Ke Dessert Coklat Anda

dessert coklat
Ilustrasi kopi bubuk. Foto: PxFuel.

Anggaplah Anda ingin membuat dessert brownies atau kue coklat sebagai hidangan penutup. Ada dua cara meningkatkan sensasi rasa kue coklat menggunakan kopi:

Menambahkan Brewed Coffee

Cara pertama, Anda dapat menambahkan brewed coffee atau kopi seduh untuk mengganti air atau susu. Anda dapat mengganti sejumlah air dari resep yang Anda buat dengan brewed coffee.

Agar rasa kopi tidak terlalu mendominasi, cukup ganti tidak lebih dari setengah takaran air dengan kopi. Jika Anda membuat resep yang membutuhkan susu, tambahkan juga sedikit krim ke dalam kopi sebelum memasukkannya ke dalam adonan kue. Dengan begitu rasa yang Anda dapatkan tetap creamy dan bertekstur baik.

Gunakan Kopi Instan

dessert coklat
Ilustrasi kopi bubuk instan. Foto: Raw Pixel.

Cara berikutnya untuk meningkatkan rasa hidangan penutup yaitu tambahkan satu sendok teh bubuk espresso. Bubuk espresso biasanya berbutir halus. Bahan ini larut dengan mudah dalam adonan.

Jika Anda tidak memiliki bubuk espresso, gunakan butiran kopi instan. Caranya, haluskan dalam penggiling kopi atau rempah-rempah jika terlalu kasar. Kemudian, cukup kocok satu sendok teh bubuk espresso atau kopi tersebut ke dalam adonan dan teruskan resep Anda.

Metode ini juga cocok jika Anda membuat fondue atau saus coklat manis atau asin. Menambahkan cairan ke saus dapat membuatnya terlalu encer atau menyebabkan emulsi pecah, merusak tekstur dan kekentalan saus. Sejumput bubuk espresso atau kopi instan akan menambah rasa tanpa merusak saus.

Karena itu selalu sediakan setoples kopi instan atau bubuk espresso di lemari dapur Anda. Siapa tahu Anda membutuhkannya sewaktu-waktu ketika akan membuat sebongkah brownies, kue, atau dessert yang menggunakan bahan baku coklat!

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments