HIPMI Culinary Indonesia Dorong Pengusaha Kuliner Lokal Go Global

hipmi culinary indonesia
Pelantikan HCI. Foto: Istimewa.

HIPMI Culinary Indonesia (HCI) sebuah organisasi yang bergerak di bidang kuliner Indonesia, ingin menjadikan masakan nusantara sebagai pilihan utama.

Caranya melalui pencarian metode inovatif untuk memperkenalkan kuliner Indonesia ke dunia. Untuk mendukung tujuan tersebut, HCI menyelenggarakan acara bertajuk Local Delights, Global Reach: Unleashing Potential of Indonesia’s Culinary.

Acara ini dimaksudkan untuk memicu diskusi, mendorong kolaborasi, dan memberikan wadah bagi para pelaku industri kuliner.

Acara ini juga bertujuan untuk menampilkan potensi para pengusaha kuliner dan kekayaan serta makna budaya masakan Indonesia. Juga sekaligus meningkatkan pertumbuhan dan jangkauan pasar. Ketua HCI, Cikhita Sebayang menyatakan bahwa nanti akan ada tempat bagi para pelaku usaha kuliner untuk berkembang dari skala kecil ke besar.

“Harapannya bisa sama-sama menyaksikan keberhasilan mereka dalam menembus pasar global,” kata Cikhita Sebayang, dalam siaran persnya, Selasa dilansir dari JPNN (25/7).

HIPMI Culinary Indonesia Mempromosikan Kuliner Indonesia Menuju Skala Global

Menurut data Kemenparekraf, industri kuliner berada di posisi teratas, yaitu sebesar 43,60% dari total PDB Ekonomi Kreatif. Industri ini juga menciptakan banyak kesempatan kerja yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi.

Namun demikian, hanya sebagian kecil yang bisa bersaing di tingkat global. Walaupun memiliki potensi yang besar, penghargaan global dan apresiasi terhadap keanekaragaman kuliner Indonesia masih belum optimal.

Karena itulah melalui “Local Delights, Global Reach: Unleashing Potential of Indonesia’s Culinary”, Hipmi Culinary Indonesia berupaya memberikan platform bagi para stakeholder dalam industri kuliner. Pada acara yang diikuti oleh Menparekraf, Sandiaga Uno itu juga dijadikan kesempatan untuk mencari metode inovatif dalam memperkenalkan kuliner Indonesia di panggung global.

Langkah yang dilakukan juga cukup banyak. Misalnya dengan menghadirkan chef, penikmat makanan, pengusaha, sampai asosiasi bisnis. Berbagai pihak ini dapat secara bersama-sama mengeksplorasi potensi strategi kuliner Indonesia dan menjadikannya sebagai kekuatan kuliner global.

“Kami berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan dan keberhasilan UMKM kuliner di Indonesia melalui bantuan, pelatihan, dan ekosistem yang cukup. Bersama-sama, kita dapat meningkatkan industri kuliner Indonesia ke level yang lebih tinggi dan nantinya bisa go global,” lanjut Cikhita.

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments