Ini Dia Manfaat Roti Gandum untuk Sarapan

manfaat roti gandum

Salah satu manfaat roti gandum adalah dapat memberikan energi lebih besar dibanding roti putih. Karena itu makanan ini cocok untuk dijadikan menu sarapan.

Selain itu masih ada lagi beberapa manfaat roti gandum yang bisa Anda temukan. Sebagaimana dilansir dari SFGATE yang dikutip kembali oleh INews.id, berikut beberapa manfaat roti gandum untuk sarapan:

1. Roti Gandum Mengandung Serat

roti gandum
Ilustrasi roti yang lebih sehat dibanding roti putih. Foto: Pikist.com.

Menyantap roti gandum dapat menambah sekitar 3gr serat per lapis rotinya. Sehingga hampir ⅓ kebutuhan akan serat harian mampu dipenuhi oleh 2 lapis roti gandum. Menurut data, kebanyakan orang kurang mengkonsumsi serat. Karena itu dengan menyantap roti gandum dapat membawa dampak baik bagi tubuh.

Agar lebih nikmat dan bergizi, Anda bisa menambahkan dengan beberapa iris alpukat atau sayur-sayuran lain. Jadi bisa didapatkan berbagai alternatif sajian seperti sandwich yang lezat dan kaya serat.

Dengan memakan makanan berserat, kesehatan pencernaan, kardiovaskular dan berat badan dapat lebih terjaga dengan baik.

Baca juga: 3 Variasi Roti Tawar yang Menggoyang Lidah

2. Roti Gandum Mengandung Zat Besi

roti gandum
Ilustrasi roti dengan kandungan zat besi. Foto: Pixnio.com.

Orang dewasa membutuhkan sekitar 8-18 mg zat besi setiap hari. Sementara itu dua lapis roti gandum mengandung 2,5 mg zat besi. Sehingga dengan mengkonsumsi dua lapis saja, sama artinya telah mencukupi lebih dari ¼ kebutuhan zat besi harian.

Zat besi berguna untuk melancarkan aliran oksigen dari darah ke otak. Dengan begitu seseorang akan menjadi tidak mudah lelah dan terhindar dari sakit kepala.

Baca juga: 6 Tepung Terigu Paling Murah dengan Kualitas Terbaik

3. Mampu Memberikan Lebih Banyak Energi

roti gandum
Ilustrasi roti dengan kandungan energi lebih baik. Foto: Pxhere.com.

Di dalam roti gandum terdapat kira-kira 5gr protein per lapisnya dan tinggi serat. Sehingga otomatis kandungan energinya menjadi lebih banyak, terutama jika dibandingkan dengan roti putih.

Apabila Anda rutin mengkonsumsi roti gandum, Anda akan cenderung lebih kenyang dalam durasi yang lama sekaligus berenergi.

Baca juga: India Tutup Ekspor, Mie dan Roti Terancam Menghilang?

***

Apakah Anda sering mengkonsumsi roti gandum? Atau justru Anda berbisnis bakery dengan menjadikan roti jenis ini sebagai produk utama Anda? Yuk santap menu yang lebih sehat!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments