2. Memaksimalkan Digital Marketing
Apabila Anda ingin menjangkau lebih banyak orang tanpa menguras kantong, beralihlah ke digital. Sebab saat ini siapa sih yang tidak pegang gadget di tangan mereka? Karena itu penting sekali untuk memasarkan produk kuliner Anda lewat kanal digital seperti blog, media sosial, sampai email marketing.
Cara paling mudah adalah Anda bisa membuat post rutin tentang kreasi makanan terbaru Anda lewat Instagram dan TikTok. Jika ada orang yang berkomentar jangan ragu untuk membuka interaksi bersama mereka. Anda juga bisa menyebarkan promosi atau kontes tertentu lewat media sosial untuk menarik perhatian audiens.
3. Menganalisa Data
Setelah Anda meluncurkan berbagai macam post lewat media sosial atau blog, langkah selanjutnya adalah menganalisis data dari unggahan yang Anda buat. Analisa data dapat membuat bisnis skala kecil menemukan apa saja jenis post yang mampu menjangkau banyak orang dan tidak.
Bagaimana cara analisis data untuk Anda yang masih awam? Dilansir dari Hubspot, berikut tipsnya:
- Menggunakan alat analisis media sosial sesuai dengan platform yang digunakan. Misalnya, Facebook Insights, Instagram Insights, Twitter Analytics, atau YouTube Analytics. Alat-alat ini bisa memberikan data dan laporan tentang jangkauan, keterlibatan, klik, dan metrik lainnya yang berkaitan dengan konten media sosial Anda.
- Tentukan apa yang ingin Anda ukur. Apakah jumlah kunjungan ke akun medsos, bertambahnya jumlah pesanan yang menghubungi nomor WA atau telp Anda, atau lainnya.
- Bandingkan antara data yang Anda miliki dengan pesaing. Dengan begitu Anda bisa tahu seperti apa posisi Anda di tengah persaingan yang ada. Ada beberapa tools yang mudah digunakan seperti Hootsuite untuk menganalisis seberapa kompetitif bisnis Anda di media sosial.
Halaman berikut: Tetapkan KPI.