Kenali Yuk Apa Saja Jenis Roti Terbaik dan Terburuk

roti terbaik dan terburuk
Ilustrasi roti. Foto: Anton Porsche on Unsplash

Ada banyak ragam roti yang dapat disantap. Akan tetapi tahukah Anda jika ada roti terbaik dan terburuk untuk dikonsumsi?

Sebagaimana dikutip dari republika.co,id, ada beberapa jenis roti yang dapat Anda jadikan pilihan terbaik untuk dikonsumsi. Namun ada pula sebaliknya. 

Tetapi menurut seorang ahli, bernama Bonnie Taub-Dix, Anda tidak perlu takut dengan roti kok. Sebab yang dimaksud dengan roti terbaik dan terburuk disini adalah seberapa besar kandungan nutrisi dan vitamin yang ada di dalam setiap irisannya. 

Kenali apa saja jenis roti terbaik dan terburuk agar Anda tidak salah memilih:

Jenis Roti Terbaik

Apa saja yang termasuk ke dalam roti terbaik berdasarkan kandungan nutrisinya? Berikut beberapa diantaranya:

  • Whole Wheat. Roti whole wheat atau gandum utuh merupakan pilihan terbaik. Karena di dalamnya terbuat dari biji gandum utuh. Roti jenis ini mampu menjaga bobot tubuh dan mencegah peradangan. Juga sangat minim resiko diabetes tipe 2.
  • Roti Enriched. Roti ini memiliki nutrisi dan vitamin seperti roti whole bread namun dengan rasa dan tekstur biji yang tidak terlalu kentara. Roti ini mampu membuat rasa kenyang lebih lama sama halnya dengan roti gandum
  • Multigrain. Roti multigrain terbuat dari beberapa jenis biji-bijian. Sehingga bukan sekedar dari gandum utuh saja. Jadi, roti seperti ini dapat terbuat dari biji gandum utuh atau dari jenis biji-bijian lainnya, seperti namanya, multigrain. 

Jenis Roti Terburuk

Selain beberapa jenis roti yang dapat Anda jadikan pilihan terbaik, berikut adalah beberapa jenis roti terburuk dilihat dari kandungannya:

  • Roti Tawar. Roti berwarna putih ini ternyata tidak terlalu banyak mengandung nutrisi. Memang sih efektif untuk pengganjal lapar. Agar Anda mendapatkan nutrisi, ada baiknya dilengkapi dengan makanan pendamping. 
  • Roti dengan Gaya Khusus. Roti yang memiliki special style seperti focaccia, brioche, atau ciabatta, terbuat dari tepung halus. Tidak jarang pula, roti-roti seperti ini memiliki bahan tinggi lemak seperti telur dan mentega. 

Itulah beberapa jenis pilihan roti terbaik dan terburuk dilihat dari kandungan nutrisinya. Namun, bukan berarti Anda harus menjadi anti makan roti ya! Karena, pada dasarnya semua jenis makanan itu baik, selama Anda mengkonsumsinya dengan bijak. 

Anda bisa menyeimbangkan asupan nutrisi dengan mengkonsumsi tambahan makanan lain setelah menyantap roti tawar misalnya. Hal yang paling utama, Anda pilih jenis roti yang paling sesuai dengan kondisi kebutuhan, anggaran belanja, dan preferensi Anda.

Baca juga:
Tren Makanan Tahun 2022 yang Disukai Konsumen

 Ternyata Etiket Makan Roti dengan Mentega Ada Caranya Lho!

Punya Rencana Diet? Ini Dia 3 Jenis Roti yang Cocok untuk Diet

5 Bahan Dasar untuk Membuat Roti dan Kue

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments