6 Fakta Mencengangkan Tentang Donat

fakta mencengangkan tentang donat
Ilustrasi donat aneka rasa. Foto oleh cottonbro dari Pexels

Tahukah Anda jika donat ternyata telah bertahan selama berabad-abad? Itu baru satu fakta mencengangkan tentang donat. Simak fakta lainnya berikut ini. 

Donat adalah camilan legendaris yang biasa menjadi teman minum kopi. Dan ternyata hal ini sudah dilakukan dari masa ke masa. 

Salah satu alasannya adalah karena donat sangat fleksibel untuk diberikan topping dan dibentuk. Oya, pada awalnya donat tidak berlubang di bagian tengah. Baru ketika pada 22 Juni 1847 seorang keturunan keluarga Maine, bernama Kapten Gregory melubangi bagian tengahnya.

Tujuannya adalah agar kematangannya merata. Ternyata sesederhana itu ya! 

Penasaran apalagi fakta mencengangkan tentang donat? Scroll terus ke bawah!

1. Donat Sempat Dinamakan Oily Cakes

Sebagaimana dilansir dari kompas.com, ketika kota New York masih bernama New Amsterdam, donat masih dijuluki sebagai oily cakes. 

Itu karena dahulu donat diolah dengan banyak sekali minyak. Barulah ketika dicampurkan unsur kacang (nut) di dalamnya namanya berubah menjadi doughnut. 

2. Amerika Menduduki Peringkat Pertama Penggemar Donat

Fakta mencengangkan tentang donat berikutnya adalah di Amerika Serikat saja, setiap tahunnya diproduksi 10 milyar donat. Sementara itu Kanada juga tidak kalah banyak. Karena di Kanada diproduksi 1 milyar donat setiap tahunnya. 

3. Cara Efektif Menambah Bobot Tubuh

Fakta mencengangkan tentang donat lainnya adalah donat merupakan resep ampuh jika Anda ingin menaikkan berat badan. Hal ini sudah dibuktikan sendiri oleh Renee Zellweger ketika akan berakting di rilisan Bridget Jones’s Diary, ia menyantap 20 donat dalam sehari. 

Alhasil beratnya sukses bertambah sebanyak beberapa belas kg. Bagaimana? Ingin mencoba?

4. Camilan yang Digemari Polisi

Alkisah ada cerita tersendiri tentang mengapa donat digemari polisi AS. Awalnya ketika tahun 1950, hanya toko donat yang buka 24 jam. Sementara polisi ditugaskan untuk berpatroli pada malam hari. 

Disitulah donat mengawali “statusnya” sebagai camilan kegemaran polisi di Amerika Serikat.

5. Camilan Favorit Perang Dunia I

Selain digemari polisi AS, fakta mencengangkan tentang donat berikutnya adalah ternyata donat menjadi camilan favorit pada Perang Dunia I. 

Kala itu, bagian dapur umum menyajikan donat serta kopi secara gratis kepada tentara Amerika yang berjaga di garis depan. Camilan ini disajikan agar para tentara merasa bagaikan di rumah. Sehingga diharapkan mereka dapat bersemangat dan memenangkan perang. 

6. Pernah Menjadi Makanan Termahal

Krispy Kreme, sebuah brand donat ternama dunia pernah memproduksi donat termahal bertabur emas dan berlian. Apakah bisa dimakan? Tentu saja bisa! Donat termahal yang juga diisi dengan jelly Dom Perignon Champagne ini dibanderol seharga $1,000. 

Tertarik untuk membelinya? Kira-kira sayang tidak ya untuk disantap? 

Baca juga:

Sensasi Kelembutan Donat Kentang Ellie di Kawasan Glodok

Hotdog Boy! Ramaikan Kuliner Yogyakarta

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments