5 Roti Khas Rusia yang Unik Juga Enak

roti khas rusia
Roti Darnitskiy. Foto: freepik

Rusia menganggap roti sebagai makanan yang memiliki tempat istimewa. Maka tidak heran jika banyak jenis roti khas Rusia yang selain unik juga enak. Mayoritas penduduk di Rusia memandang roti bukan sekedar makanan karena di dalamnya juga terkandung makna yang sakral.
Di dalam roti, tersimpan peninggalan ritual kuno sampai dengan kenangan di masa pengepungan Leningrad. Singkat kata, Rusia tidak mungkin hidup tanpa roti. Lalu apa saja roti khas Rusia yang istimewa? Dilansir dari Russia Beyond, berikut diantaranya:

1. Karavay

roti khas rusia
Karavay, roti untuk upacara dan ritual di Rusia. Foto: depositphotos.com

Ada sebuah roti khas Rusia yang mengandung makna ritual sampai ke era modern ini. Roti tersebut bernama Roti Karavay. Istilah Karavay sendiri memiliki arti “roti” serta “garam.” Roti ini sangat cantik dan menawan.
Hanya saja karena fungsinya sebagai ritual itulah, sehingga seringkali roti yang memiliki banyak ukiran ini tidak habis dimakan. Sebab di dalam ritual yang dilakukan itu, roti hanya digigit satu kali saja. Ukiran yang dicetak pada Karavay bermakna simbol-simbol pemujaan kepada matahari.

2. Nareznoy Baton

roti khas rusia
Ilustari Nareznoy Baton. Foto: dreamstime.com

Roti ini adalah sebuah makanan yang terbuat dari gandum dan sering juga disebut sebagai roti putih. Salah satu ciri yang mudah dikenali dari roti yang juga sering disebut sebagai bulka ini adalah terdapat irisan besar di bagian atasnya. Selain itu, ada sesuatu yang istimewa yang disebut gorbushki, yaitu ujung-ujung roti.
Penamaan roti khas Rusia ini diambil dari narezat yang memiliki arti “mengiris.” Dapat dikatakan, roti ini merupakan salah satu roti paling umum di Rusia.

3. Stolichniy

Ilustrasi roti hitam Rusia. Foto: cookiemadness.com

Roti khas Rusia ini juga disebut sebagai “roti hitam” karena gandum yang digunakan menggunakan gandum hitam. Salah satu alasannya karena gandum jenis ini lebih mudah untuk dikembangbiakkan dan ditanam. Selain itu harganya juga lebih terjangkau.
Roti Stolichniy berasal dari ibukota Rusia, Moskow. Arti dari kata Stolichniy ini sendiri memiliki kesamaan arti dengan “ibukota.” Rasanya agak asam namun manis, dengan pinggiran dan tengah yang lembut. Roti yang satu ini diklaim lebih mengenyangkan perut dibanding yang lain.

4. Bukhanka

roti khas rusia
Roti Darnitskiy. Foto: freepik

Roti ini tercipta pada medio 1930-an di Leningrad (kini Sankt Peterburg). Roti ini juga memiliki ciri kehitaman. Penamaan lainnya dari Bukhanka adalah Darnitskiy. Roti yang satu ini tidak memakai ragi, melainkan bahan yang disebut sebagai zakvaska. Karena itulah roti ini juga menjadi roti yang paling rendah kalorinya.
Ada mitos yang unik, yaitu untuk membuatnya tidak diperkenankan menggunakan tepung dengan kualitas tinggi. Sebab nantinya hasil yang didapat menjadi terlalu lembut.

5. Roti khas Rusia Paling Misterius Bernama Borodinskiy

Borodinskiy. Foto: bakealready

Dikatakan misterius karena tidak ada yang tahu asal usul Borodinskiy dengan pasti. Versi paling populer mengatakan namanya berasal dari Pertempuran Borodino, pertempuran berdarah yang menewaskan Jenderal Tuchkov hingga tubuhnya tidak ditemukan.
Istrinya kemudian membangun sebuah biara di mana sang jenderal mangkat, kemudian menjadi kepala tempat tinggal para biarawati. Di toko roti biara inilah roti Borodinskiy lahir. Satu hal yang pasti: lapisan kering Borodinskiy ditaburi daun ketumbar.

Karena roti sudah dianggap menjadi bagian hidup masyarakat Rusia, tidak heran jika penduduknya sangat lihai mengolah roti. Hal itu dapat ditemukan pada video berikut ini:

 

Baca juga:

Mari Berkenalan dengan 5 Roti dari Ukraina!

6 Fakta Mencengangkan Tentang Donat

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments