Mengungkap Fakta di Balik Michelin Star: Standar Tinggi Bergengsi di Dunia Kuliner

bintang michelin
Ilustrasi sajian makanan dengan bintang Michelin. Foto: Wallpaperflare.com.

Pernah mendengar tentang Michelin Star di dunia kuliner? Label Michelin Star adalah salah satu bentuk penghargaan paling bergengsi di dunia kuliner. Hanya diberikan kepada restoran yang menampilkan keunggulan luar biasa dalam masakan yang disajikan.

Bentuk apresiasi ini diakui secara global sebagai penanda kualitas tertinggi dan menjadi impian bagi banyak chef dan restoran. Tapi, tahukah Anda bahwa penghargaan ini sebenarnya berakar dari industri ban?

Sebagaimana namanya, memang benar faktanya bahwa label tersebut pertama kali diperkenalkan oleh perusahaan ban asal Prancis, Michelin. Langkah ini juga menjadi bagian dari upaya pemasaran yang cerdik.

Sejarah dan Alasan Diciptakannya Michelin Star

Ilustrasi makanan dengan kategori bintang Michelin. Foto: Flickr.

Michelin Star pertama kali diperkenalkan oleh Michelin Guide. Guide ini merupakan panduan perjalanan yang awalnya diterbitkan pada tahun 1900 oleh perusahaan ban Michelin.

Tujuan dari panduan ini pada awalnya untuk membantu pengendara mobil menemukan tempat-tempat penting. Pengendara dapat mudah menemukan bengkel, hotel, dan restoran di sepanjang perjalanan mereka di Prancis melalui guide tersebut.

Ditambah lagi pada saat itu, mobil masih merupakan barang mewah, dan Michelin ingin meningkatkan jumlah pengendara mobil sehingga ban mereka lebih sering dibutuhkan.

Siapa yang Menjadi Tim Penilai Kriteria?

Perusahaan Michelin dengan pendiri bernama André dan Édouard Michelin ini melakukan penilaian melalui inspector atau inspektur anonim. Mereka menjalani pelatihan ketat dan memiliki pengalaman di bidang kuliner.

Para inspektur nantinya akan melakukan kunjungan tanpa pemberitahuan sebelumnya dan membayar makanan mereka sendiri untuk memastikan penilaian yang objektif.

Syarat Mendapatkan Michelin Star

michelin star
Ilustrasi hidangan dengan kriteria bintang Michelin. Foto: Wiki.

Untuk mendapatkan Michelin Star, sebuah restoran secara umum perlu memenuhi berbagai kriteria. Nantinya kriteria ini akan menjadi acuan penilaian inspektur Michelin didasarkan pada beberapa elemen seperti:

  1. Kualitas bahan makanan: Bahan-bahan yang digunakan harus segar dan berkualitas tinggi.
  2. Teknik memasak: Cara memasak harus presisi dan mampu mengeluarkan cita rasa terbaik dari setiap bahan.
  3. Ciri khas masakan: Menu harus mencerminkan kreativitas dan ciri khas dari chef yang membuatnya.
  4. Konsistensi: Restoran harus mempertahankan kualitas makanan dan pelayanan di setiap kunjungan.

Selain itu, restoran yang ingin mendapatkan bintang Michelin harus memiliki chef berbakat dan tim yang solid. Sebagai modal awal penting untuk menjaga standar tinggi.

Ternyata ada kategori bintang dari 1 sampai 3 lho! Cek halaman berikutnya! 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments