Pekan Gastronomi Perancis 2024 Kembali Hadir dengan Chef Berbintang Michelin

pekan gastronomi perancis
Chef David Gallienne, pemenang Top Chef France 2020 menjadi salah satu bintang di acara Pekan Gastronomi Perancis. Foto: Instagram.com/david_gallienne.

Pekan Gastronomi Perancis edisi kedua, bertajuk “Le Goût de France – Cita Rasa Perancis, j’adore!” akan jadi ajang untuk menggali lebih dalam seni kuliner Perancis.

Acara yang diselenggarakan pada 1-13 Oktober 2024 di Indonesia ini menjadi salah satu momen penting dalam agenda dunia kuliner internasional.

Menghadirkan chef berprestasi dari Perancis untuk kemudian berkolaborasi dengan chef lokal di berbagai kota di Indonesia.

Salah satu bintang utama acara ini adalah David Gallienne. Ia merupakan pemenang “Top Chef France” 2020 dan penerima satu bintang Michelin, yang turut membagikan keahlian kulinernya.

Acara ini diadakan oleh berbagai pihak. Mulai dari Kedutaan Besar Perancis di Indonesia, Institut Français d’Indonésie (IFI), dan Business France Indonesia. Serta didukung oleh Disciples d’Auguste Escoffier.

Sebanyak 150 restoran di seluruh Indonesia menjadi bagian dari acara ini.

Acara ini sendiri salah satunya memiliki tujuan untuk memperkenalkan cita rasa Perancis sekaligus menjalin pertukaran budaya kuliner antara Perancis dan Indonesia.

Pekan Gastronomi Perancis Wadah Kolaborasi Kuliner dan Pertukaran Budaya

Dilansir dari Kompas.com (02/10/24), Chef David Gallienne akan mengunjungi beberapa kota besar di Indonesia. Kota-kota tersebut antara lain Jakarta, Makassar, Yogyakarta, dan Surabaya untuk memberikan demonstrasi kuliner. Keahliannya tidak hanya terbatas pada penyajian makanan.

Chef David Gallienne juga akan menyajikan warisan gastronomi Perancis yang telah diakui sebagai Warisan Budaya Tak Benda oleh UNESCO sejak 2010. Melalui acara ini, para penikmat kuliner dapat mengeksplorasi kekayaan cita rasa Perancis.

Lewat makanan, pecinta kuliner juga dapat melihat bagaimana budaya lokal dapat berintegrasi dalam kreasi makanan.

Selain itu, berbagai lokakarya dan demonstrasi masak akan digelar di sekolah kejuruan dengan partisipasi lembaga pelatihan terkemuka seperti Le Cordon Bleu.

Hal ini membuka peluang bagi para profesional di bidang kuliner dan masyarakat umum untuk belajar langsung dari para ahli.

Di sisi lain, acara ini juga mencakup kompetisi resep masakan Perancis yang bisa diikuti masyarakat di Instagram, dengan hadiah utama berupa tiket pesawat ke Paris.

Program B2B dan Kolaborasi Ekonomi

Tidak hanya menjadi ajang kuliner, Pekan Gastronomi Perancis ini juga berperan dalam memperkuat hubungan bisnis antara Perancis dan Indonesia melalui program Business-to-Business (B2B).

Program ini mempertemukan para pengusaha dan distributor dari kedua negara. Melalui wadah pertemuan ini akan menambah dimensi ekonomi yang terjadi pada saat dan setelah acara.

Kehadiran program B2B menjadi sarana bagi para pengusaha untuk menjalin kerja sama di bidang distribusi produk-produk kuliner.

Pekan Gastronomi Perancis menjadi ajang pertukaran budaya dan bisnis yang menyatukan cita rasa dan inovasi dari dua negara. Acara ini diharapkan akan meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap kuliner Perancis sekaligus membuka peluang kolaborasi di masa depan.

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments