Tips dan Trik Membuat Macaron Prancis yang Menggugah Selera

membuat macaron prancis
Ilustrasi macaron. Foto: Wikipedia.

Bagaimana cara membuat macaron Prancis dengan hasil memuaskan? Macaron Prancis adalah salah satu kue kering yang paling populer di dunia. Kue ini memiliki tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam, serta isian yang manis dan creamy.

Ada banyak hal yang harus diperhatikan agar macaron buatan Anda menjadi sempurna. Berikut adalah beberapa tips dan trik yang dapat Anda coba untuk membuat macaron Prancis yang menggugah selera.

Cara Membuat Macaron Prancis

Dilansir dari Bigger Bolder Baking, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan dalam proses membuat kudapan Prancis ini. Kue dengan warna mencolok ini dapat dibuat dengan menyiapkan beberapa hal berikut:

Peralatan yang Diperlukan

Agar macaron Anda sesuai dengan keinginan, hal pertama yang perlu disiapkan adalah peralatan seperti di bawah ini:

1. Timbangan

Gunakan timbangan manual atau digital yang akurat agar mendapatkan macaron dengan hasil sempurna. Penggunaan timbangan jauh lebih akurat daripada menggunakan cangkir atau gelas untuk menakar bahan baku.

2. Saringan

Saringan diperlukan agar bahan kue yang kering tidak menggumpal dan berongga.

3. Mixer Tangan Elektrik

Bagi Anda yang ingin membuat macaron sendiri di rumah Anda cukup menggunakan mixer listrik genggam. Alat ini ekonomis dan praktis untuk mengocok putih telur.

4. Sendok Logam

Cara tradisional untuk mencampurkan bahan dengan telur. Bagian ujung sendok yang tipis mampu menembus bahan yang ingin dicampurkan tanpa merusak kandungan udara di dalamnya. Jika dibandingkan dengan spatula maka terlalu tebal dan akan mengeluarkan udara dari dalam adonan.

5. Loyang Ganda

Karena macaron sangat lembut, sebaiknya menumpuk dua buah loyang satu sama lain sebelum memanggang. Cara ini akan melindungi adonan macaron dari panas yang terlalu tinggi dari bagian bawah oven. Menumpuk loyang juga dapat mencegah macaron menjadi gosong atau terlalu kecoklatan.

6. Piping Bag dan Nozzle

Agar tampilan macaron Anda cantik, gunakan piping bag lengkap dengan nozzle untuk mengeluarkan bahan baku macaron. Dengan menggunakan alat ini Anda lebih mudah memipihkan adonan macaron di atas loyang.

Halaman berikut: Simak cara membuat macaron yuk!!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments