Mengenal Tepung Oat, Alternatif yang Berguna untuk Berbagai Keperluan Baking

Tepung oat adalah tepung yang terbuat dari gandum oat yang digiling. Merupakan salah satu bahan yang berguna untuk memanggang kue dan roti, terutama bagi mereka yang tidak bisa mengonsumsi gluten.

Bahan alternatif pengganti tepung gandum ini juga memiliki kandungan serat, protein, vitamin, dan mineral yang lebih tinggi. Ingin tahu lebih jauh tentang tepung ini? Simak terus ulasan ini!

Apa Itu Tepung Oat?

tepung oat
Ilustrasi oat. Foto: Freepik.

Dilansir dari situs Klik Dokter, oat merupakan tanaman yang tergolong serealia. Di dalamnya terkandung karbohidrat dan di bagian luarnya masih terdapat kulit ari da bakal biji. Karena itulah dapat dikatakan oat merupakan biji sereal yang masih utuh. Bahkan dianggap lebih baik jika dibandingkan dengan beras.

Di dalam oat terdapat kandungan yang kaya akan protein, vitamin, mineral, dan serat. Serat bisa membantu menurunkan kolesterol jahat, mencegah sembelit, dan memberikan rasa kenyang lebih lama. Protein berguna untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh.

Vitamin dan mineral bisa membantu menjaga kesehatan dan fungsi tubuh. Tepung oat juga mengandung asam amino penting, seperti kolin dan tirosin, yang berperan dalam proses metabolisme dan sistem saraf

Apa Bedanya dengan Gandum?

Ilustrasi oat. Foto: Px Fuel.

Secara umum jika merujuk pada aplikasi terjemahan, istilah tepung oat diterjemahkan sebagai “tepung gandum.” Tapi sesungguhnya ada perbedaan signifikan antara gandum dengan oat.

  • Oat dan gandum berasal dari jenis tanaman yang berbeda. Oat adalah Avena sativa, sedangkan gandum adalah Triticum aestivum. Di Indonesia, oat lebih dikenal dengan istilah “havermut”.
  • Bentuk biji yang berbeda. Biji oat berbentuk pipih dan panjang, sedangkan biji gandum berbentuk oval dan terdiri dari tiga bagian.
  • Perbedaan kandungan nutrisi. Oat memiliki protein, serat, vitamin, dan mineral yang lebih tinggi daripada gandum. Oat juga tidak mengandung gluten, sedangkan gandum mengandung gluten yang bisa menyebabkan alergi atau intoleransi pada beberapa orang.
  • Cara konsumsi yang berbeda. Oat bisa dimakan dalam bentuk utuh, seperti oatmeal, muesli, atau granola. Gandum harus diolah menjadi tepung baru bisa dibuat roti, kue, pasta, atau produk lainnya.
  • Manfaat kesehatan. Oat bisa menurunkan kolesterol jahat, mencegah diabetes, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Gandum bisa melancarkan pencernaan, menurunkan berat badan, dan mencegah batu empedu

Halaman berikut: Tips menggunakan oat saat baking

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments