Egg Wash, Olesan “Ajaib” yang Membuat Roti dan Kue Lebih Kinclong dan Mewah

egg wash
Roti menjadi lebih kinclong setelah diusapkan campuran telur dan cairan. Foto: HK.

Anda pasti pernah melihat roti atau kue yang tampak mengkilap dan mewah di etalase toko roti. Tahukah Anda apa yang membuatnya begitu? Jawabannya adalah egg wash. Campuran telur dan cairan yang dioleskan pada adonan sebelum dipanggang.

Egg wash bukan hanya membuat roti dan kue lebih kinclong, tetapi juga memiliki berbagai fungsi lain yang penting dalam dunia baking. Simak ulasan berikut untuk mengetahui lebih lanjut tentang sapuan kemewahan pada roti dan kue ini, juga bagaimana cara membuatnya dengan mudah di rumah.

Apa Itu Egg Wash

egg wash
Ilustrasi mengoleskan egg wash pada pie. Foto: Vimeo.com.

Dilansir dari berbagai sumber, secara umum egg wash adalah campuran telur dan cairan yang dioleskan pada adonan sebelum dipanggang. Tujuannya untuk memberikan tampilan yang mengkilap dan keemasan.

Campuran telur dan cairan ini tidak hanya berfungsi sebagai hiasan, tetapi juga memiliki berbagai manfaat lain dalam dunia pastry. Bisa digunakan untuk menutup sambungan pada kue atau roti, menambah tekstur, meningkatkan kerenyahan, sampai menambah kesan keemasan melalui warna kuning pada kudapan yang dipanggang.

Sifatnya yang bagaikan lem alami mampu membuat adonan menjadi lekat satu sama lain. Dengan demikian Anda bisa mendapatkan produk yang rapat, memiliki pola tertentu seperti anyaman pada pie, dan pastinya menambah kecantikan tampilan kudapan Anda.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments