Mengenal Focaccia, Roti dari Italia yang Menyimpan Banyak Cerita dan Budaya

Tahukah Anda ada roti dari Italia tertua dan menjadi cikal bakal pizza? Mari sejenak arahkan pandangan ke focaccia. 

Roti adalah salah satu makanan yang paling populer dan banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Namun, tidak semua roti memiliki rasa dan tekstur yang sama. Setiap negara atau daerah memiliki roti khasnya sendiri yang mencerminkan sejarah dan budayanya.

Kawasan yang dikenal memiliki budaya menyantap roti adalah Italia. Selain dikenal sebagai negeri sepakbola tentunya. Nah, ada roti dari Italia yang memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri dengan nama focaccia.

Roti dari Italia Bernama Focaccia

roti dari italia
Focaccia yang masih ada di dalam loyang. Foto: Flickr.

Dilansir dari TasteAtlas, Focaccia adalah roti datar yang berasal dari Italia. Roti ini memiliki permukaan yang berlubang-lubang dan biasanya ditaburi dengan minyak zaitun, garam, dan rempah-rempah. Kudapan ini juga sering disantap bersama aneka topping.

Beberapa topping yang sering ditemui antara lain keju, sayuran, daging, atau buah-buahan. Walaupun tergolong ke dalam flatbread tapi jangan salah kira roti ini keras. Karena ternyata teksturnya lembut dan gurih di dalam, serta renyah di luar. Focaccia juga memiliki aroma yang harum dan menggoda selera.

Halaman berikut: Simak Yuk Sejarah Perjalanan Focaccia! 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments