Donat Sarinah yang Dulu Viral di PRJ Kini Kembali Setelah 35 Tahun Vakum

donat sarinah

Dunia kuliner selalu menarik untuk diikuti, terlebih jika ada merek legendaris yang menjadi kenangan banyak orang kini kembali. Inilah yang terjadi pada Donat Sarinah. Dulunya viral di PRJ dengan nama American Donut, kemudian “menghilang” selama 35 tahun namun sekarang datang lagi menyapa penggemarnya.

Donat ini dapat dikatakan legendaris karena sesuai yang tertera pada tagline-nya, mereka sudah ada sejak tahun 1978. Luar biasa! Ketika itu belum banyak produk-produk kue dan roti seperti sekarang. Maka wajar apabila unsur nostalgia dan legendaris terpancar kuat dari kudapan ini.

Dilansir dari post Instagram oleh akun @mvnchrst, brand ini dulu beroperasi di kawasan Sarinah lantai 2 dari tahun 1978. Ia mengatakan bahwa donat inilah yang menemani generasi ayah dan ibu dulu.

Udah gak perlu ribet lagi nyari donat favorit BAPAKE sama MAMAKE kita dulu!” demikian tulisnya di dalam post Instagram.

Cara Membuat dan Rasa Donat Sarinah Tidak Berubah Hingga Kini

donat sarinah
Donat legend yang pernah viral di PRJ. Foto: Instagram.com/donat_sarinah.

Salah satu keunggulan dari produk kuliner legendaris yang dicari konsumen terletak pada rasa yang konsisten sejak dulu. Hal ini mampu dipertahankan oleh brand yang dulu kerap ditemui di kawasan PRJ dengan nama American Donut ini.

Walaupun sudah ada sejak puluhan tahun dan sekian purnama berlalu, cara membuat dan kualitasnya masih sama dan original. Beberapa rasa favorit yang dimiliki antara lain coklat, gula, polos, kacang, dan ada pula keju.

Masih dari sumber Instagram dan dilansir dari akun Donat Sarinah, proses mengolah donat masih mempertahankan cara lama alias old school. Eiitss, tapi bukan berarti ketinggalan zaman ya! Karena walaupun masih pakai cara klasik, tapi sejak tahun 80-an sudah menggunakan robot!

Teknologi yang digunakan adalah mesin bernama Mark X. Produk hasil dari pengolahan di mesin ini memiliki ciri khas klasik dengan tekstur tebal dan padat. Keistimewaan lainnya, donat yang diolah menggunakan mesin ini menjadi buttery. Berbeda dengan donat kekinian yang cenderung garing, manis di luar namun kopong di dalamnya.

Sensasi Donat Klasik nan Asik

donat sarinah
Berbagai pilihan donat lezat. Foto: Indozone.

Bagi Anda yang ingin merasakan seperti apa sih sensasi donat klasik jadul, Anda bisa berkunjung ke Sarinah lantai basement, lalu ke bagian depan Pasar Nusantara Sarinah dan Pasarina Supermarket.

Salah satu all-time favorite adalah varian donat meses. Butiran coklatnya memenuhi seluruh bagian donat yang pastinya menggugah selera. Kemudian ada pula donat keju yang tak kalah tebalnya dijamin membuat lidah berdansa.

Ingin benar-benar merasakan sensasi klasik dari donat legendaris? Maka Anda juga bisa coba varian donat gula putih. Dari kejauhan sudah terbayang kelezatannya karena pancaran putih donatnya sangat kinclong bagaikan diselimuti salju.

Masih kurang dan ingin lebih dalam lagi menelusuri jajanan khas masa lalu di PRJ? Maka patut coba kudapan waffle yang menjadi icon di gelaran niaga terbesar di Jakarta itu.

Anda bisa merasakan lezatnya donat legendaris baik secara satuan, setengah lusin, maupun lusinan. Harga satuan Donat Sarinah adalah Rp12 ribu. Sementara itu setengah lusin mulai dari Rp70 ribu, dan selusin kelezatan donat legendaris bisa Anda dapatkan di harga Rp125 ribu.

Bagaimana? Kira-kira donat rasa apa yang paling membuat Anda penasaran?

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments