5 Rekomendasi Aneka Kue Tradisional untuk Berbuka Puasa

kue tradisional berbuka puasa
Klepon, si hijau nan manis. Foto: Flickr.

Tak hanya makanan berat, kue tradisional juga kerap menjadi pilihan untuk memulihkan energi setelah berpuasa seharian. Selain nikmat, kue-kue ini juga mudah ditemukan. Yuk, simak rekomendasi kue tradisional untuk berbuka puasa!

Pilihan Kue Tradisional Berbuka Puasa

Pada saat berbuka puasa, tidak lengkap rasanya jika tidak menikmati berbagai hidangan khas, termasuk aneka kue tradisional. Kue-kue ini memiliki rasa yang khas dan unik, serta merupakan bagian dari budaya masyarakat Indonesia yang patut dijaga dan dilestarikan.

Berikut beberapa rekomendasinya:

1. Kolak

kue tradisional berbuka puasa
Berbuka puasa belum lengkap tanpa kolak. Foto: Wikipedia.

Kolak memang tidak berbentuk seperti ‘kue,’ karena lebih mirip sup. Tapi sungguh tidak lengkap jika membahas kudapan untuk berbuka puasa tanpa membahas kolak. Kolak terbuat dari pisang yang dipotong-potong dan direbus bersama dengan santan, gula merah, dan pandan.

Selain pisang, kolak juga bisa dibuat dari ubi, kacang hijau, atau jagung. Kolak memiliki rasa yang manis dan gurih, serta cocok untuk mengembalikan energi setelah seharian berpuasa.

2. Kue Cucur

Kue cucur. Foto: Wikipedia.

Kue cucur adalah salah satu jenis kue tradisional Indonesia yang sangat populer sebagai menu berbuka puasa. Kue ini terbuat dari adonan tepung beras, gula merah, air kelapa, dan garam yang dicampur lalu digoreng dalam minyak panas. Bahan-bahan tersebut juga dapat ditambahkan dengan bahan lain seperti kelapa parut dan daun pandan.

Rasanya yang manis dan gurih dapat memenuhi kebutuhan gula dan garam yang hilang saat berpuasa seharian. Kue ini juga dapat menghilangkan rasa lapar dan memberikan energi yang cukup. Karena bahan-bahannya yang mudah didapatkan dan cara pembuatannya yang sederhana, kue cucur sering dijadikan alternatif untuk menu berbuka puasa di rumah.

3. Talam Wangi

kue tradisional berbuka puasa
Kue talam. Foto: INews.

Kue talam wangi merupakan salah satu kue tradisional Indonesia yang dapat ditemukan di berbagai daerah di Indonesia seperti Jawa, Sumatera, dan Sulawesi. Kue ini memiliki banyak varian rasa seperti coklat, pandan, dan keju yang dapat disesuaikan dengan selera dan preferensi masing-masing.

Citarasa manis dari kue talam wangi berasal dari gula kelapa yang digunakan sebagai pemanis. Sedangkan, aroma wangi khasnya berasal dari daun pandan yang digunakan dalam adonan.

Kue ini terbuat dari bahan-bahan seperti tepung beras, santan, gula kelapa, dan daun pandan. Kemudian diaduk hingga tercampur rata. Adonan tersebut lalu dipanggang menggunakan cetakan kue yang khas pada api kecil hingga matang.

Halaman berikutnya: Klepon si hijau nan manis.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments