Ada Rempah Indonesia Dibalik Roti Gulung Cinnamon dari Amerika Serikat

roti gulung cinnamon
Cinnamon roll dari keharuman rempah Indonesia. Foto: Cinnabon.id.

Ada sebuah brand roti gulung cinnamon dari Amerika Serikat yang sejak pertama kali dibuka langsung diburu oleh penggemarnya. Tidak lain dan tidak bukan nama gerai tersebut adalah Cinnabon yang menyajikan cinnamon roll atau roti gulung kayu manis. Di negeri Paman Sam sendiri jenama ini sudah melayani pembeli sejak 1985.

Sementara itu animo yang sama juga dialami oleh gerai Cinnabon ketika buka pertama kalinya di Indonesia pada bulan Juni 2022. Pembukaan toko roti gulung cinnamon dari Amerika Serikat di Indonesia ketika itu sekaligus menandai cakupan bisnis ini yang merambah ke 50 negara dengan 1600 outlet.

Tapi tahukah Anda jika ada fakta menarik dari Cinnabon? Yuk simak di bawah ini!

roti gulung cinnamon
Cinnabon menggunakan bahan baku kayu manis dari tanah nusantara. Foto: Cinnabon.id.

Roti Gulung Cinnamon Ternyata Bahan Bakunya Berasal dari Indonesia

roti gulung cinnamon
Roti gulung dari Cinnabon yang enak bersama secangkir kopi. Foto: Cinnabon.id.

Fakta menarik yang mengejutkan dari gerai Cinnabon adalah asal muasal bahan bakunya. Ternyata kayu manis yang digunakan adalah rempah dari kawasan pegunungan Sumatera Barat. Kekayaan alam ini bahkan menjadi pembeda dan bahan baku utama roti gulung dari Amerika Serikat ini.

Nama kayu manis tersebut kini digunakan di seluruh gerai Cinnabon yang tersebar ke seluruh dunia. Tapi yang patut Anda ketahui, kayu manis ini sudah dijadikan hak milik jenama dari Negeri Paman Sam dengan nama Cinnamon Makara. Karena perizinan yang sudah dilegalkan ini maka Anda tidak akan menemukan nama yang sama pada makanan lain.

Alasan Mengapa Roti Gulung Cinnamon dari Cinnabon Menggunakan Kayu Manis dari Indonesia

roti gulung cinnamon
Cinnamon roll dari keharuman rempah Indonesia. Foto: Cinnabon.id.

Menurut Cynthia Calista selaku Marketing Manager PT Toffin Cinnabon Indonesia mengutarakan alasan dibalik penggunaan bahan baku dari Indonesia. Hal ini dilakukan karena cuaca dan lokasi kayu manis tumbuh dan berkembang sangat penting dan mempengaruhi karakternya. Karena itulah Cinnamon Makara yang digunakan oleh Cinnabon sangat kuat akan aroma manisnya. Dengan sendirinya bahan ini menjadi komponen yang tak tergantikan pada seluruh produk roti gulung dari Cinnabon.

Karakter rasa kayu manis dari Indonesia juga sangat pas di lidah sebagaimana dijelaskan oleh Cynthia.

“Cinnamon Makara cukup manis tapi juga lembut. Rasanya pas dan tidak membuat overwhelming,” kata Cynthia Calista dilansir dari Antara News.

Sebagai informasi tambahan, kadar gula pada seluruh produk Cinnabon di Indonesia sudah dikurangi sehingga aman dikonsumsi oleh siapa saja. Pengurangan tersebut dilakukan sebanyak 20% lebih sedikit jika dibandingkan gerai Cinnabon yang ada di negara lain.

Baca juga: Cinnamon Roll Terkenal dari Amerika Serikat Sudah Ada di Indonesia Lho!

Prosedur Pembuatan dengan Standar Operasional yang Ketat

Produk cinnamon roll yang dibuat dengan penuh cinta. Foto: Cinnabon.id.

Selain pengurangan kadar gula, Anda dipastikan akan mendapatkan produk yang berkualitas tinggi. Seluruh proses pembuatan telah melalui SOP yang ketat dan presisi serta diikuti oleh seluruh pegawai Cinnabon.

Bahkan Anda sebagai konsumen sekalipun bisa menjadi “supervisor” karena gerai dari Amerika Serikat ini berkonsep open kitchen. Seluruh pengunjung dapat mengamati kegiatan yang terjadi di dapur karena hanya dibatasi pembatas transparan.

Selain dari pergerakan staf yang sudah terstandarisasi, seluruh adonan juga diatur sedemikian rupa agar tetap segar. Semua komponen dan bahan dibuat langsung di hari yang sama, bahkan pengunjung rela menunggu adonan matang untuk disantap di rumah.

Setiap jamnya, rangkaian adonan baru siap diolah para pegawai profesional di Cinnabon. Penggunaan alatnya pun sangat presisi karena karyawan menggunakan penggaris khusus agar ukuran adonan benar-benar sesuai standar dan ketentuan. Walaupun adonan tersebut sudah diseleksi oleh mesin namun pengukuran langsung tetap dilakukan demi menjaga kualitas.

Tips and Trick Menyimpan Cinnabon

Roti gulung kayu manis yang menggoda selera. Foto: Cinnabon.id.

Roti gulung kayu manis dari Cinnabon memang sangat berkualitas dan enak karena menggunakan bahan dari Indonesia. Akan tetapi supaya lebih awet lagi maka campur tangan pelanggan seperti Anda juga turut andil dalam menjaga kualitasnya.

Dilansir dari media sosial Cinnabon, ada beberapa trik agar roti gulung semakin awet. Berikut diantaranya:

  • Menyimpan roll cake pada suhu ruang maksimal sampai 2 hari
  • Gunakan wadah kedap udara
  • Simpan di dalam freezer agar dapat disimpan selama 3 sampai dengan 30 hari.
  • Kemudian biarkan mencair pada suhu ruang sebelum dipanaskan, baru kemudian disantap

Itulah beberapa fakta menarik dari gerai roti gulung cinnamon yang berasal dari Negeri Paman Sam. Apakah Anda sudah pernah merasakan nikmatnya kayu manis dari Indonesia?

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments