Aneka Jajanan Street Food Qatar yang Unik dan Patut Dicoba

Ciri khas sebuah negara dapat dilihat dari budaya kuliner kaki limanya. Begitu pula tuan rumah pesta bola dunia 2022 Qatar. Ada aneka jajanan street food Qatar yang unik dan pastinya lezat. Siapa tahu bisa jadi inspirasi Anda untuk membawa menu tersebut ke tanah air.

Sajian Jajanan Street Food Qatar yang Menggoyang Lidah

Ketika kita berkunjung ke sebuah negara tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi kekhasan makanan kaki limanya. Selain unik, Anda juga dapat merasakan suasana ‘asli’ sebuah masyarakat dan kultur tertentu di setiap negara yang Anda kunjungi.

Dilansir dari IDN Times, mari simak berbagai jenis jajanan kaki lima di negara tuan rumah Pesta Bola Sejagad pada tahun 2022 yaitu Qatar berikut ini:

1. Falafel yang Mirip Perkedel

street food qatar
Falafel, hidangan khas Qatar mirip perkedel. Foto: Pxhere.

Bagi Anda yang vegetarian maka menu jajanan khas Qatar yang cocok adalah falafel. Menu yang satu ini cukup populer di negara tuan rumah pagelaran akbar sepakbola dunia 2022 itu. Bentuknya jika diperhatikan mirip dengan perkedel.

Kudapan ini dibuat dari tepung yang diadonkan menjadi bentuk bola kemudian digoreng menjadi garing. Sementara isiannya terdapat buncis atau kacang arab yang dicampur bersama parsley, bawang putih, serta aneka rempah lainnya. Makanan kaki lima Qatar ini sering disajikan bersama pita bread atau salad.

2. Shawarma, Makanan Favorit Avengers

Shawarma, mirip kebab tapi isian dagingnya lebih tipis. Foto: Wikipedia.

Bisa jadi Anda sudah tidak asing lagi mendengar nama shawarma terutama penggemar Marvel. Sebab di salah satu scene Marvel Cinematic Universe menu ini disebut pada sebuah dialog pada film tersebut.

Kudapan ini berbentuk seperti sandwich dan terkenal di banyak negara Timur Tengah, dan pada imigran turut mempopulerkannya ke negara-negara di Eropa sampai Amerika. Walaupun mirip sandwich tapi jika dilihat tampilannya menyerupai kebab.

Ditambah lagi isian daging panggang iris ditambah tomat, acar, dan saus membuat banyak orang sering terkecoh mana shawarma dan mana kebab. Akan tetapi jika diperhatikan, kudapan Qatar ini menggunakan irisan daging tipis yang ditumpuk bersama sayuran. Kemudian semua bahan itu dibungkus menggunakan roti pita yang juga tipis.

3. Ragag

street food qatar
Ragag, makanan Timur Tengah mirip crepes. Foto: Curly Tales.

Pernah makan crepes? Nah ragag adalah hidangan khas Qatar yang memiliki tekstur tipis mirip kertas yang dilipat dan digulung menjadi kerucut. Ketika digigit akan timbul sensasi renyah di mulut.

Kudapan ini memiliki banyak varian topping mulai dari manis hingga gurih. Jika senang rasa manis Anda dapat memilih madu, kemudian ada pula telur dan keju. Makanan ini paling enak dinikmati ditemani oleh minuman teh hangat.

4. Luqaimat

street food qatar
Luqaimat, “donat” dari Qatar. Foto: The Donut Whole.

Jika Anda suka donat maka bisa jadi Anda suka dengan luqaimat. Sajian Qatar ini mirip dengan donat, rasanya manis, bentuknya bulat dan diolah dengan cara digoreng. Saat Anda cicipi akan memberikan sensasi renyah di luar namun bagian dalamnya lembut.

Luqaimat biasanya disajikan bersama taburan wijen di bagian atasnya lalu dicelupkan ke sirup manis atau madu. Kudapan ini cocok untuk makanan penutup atau teman minum teh dan kopi.

5. Khaboos

Khaboos, camilan roti pipih khas Qatar. Foto: Shutterstock.

Khaboos adalah cemilan yang sangat disukai dan populer di Qatar. Makanan ini masih bisa dibilang sejenis roti pipih. Adonannya dibuat dari tepung terigu asal India yang disebut maida. Rasanya cenderung gurih dengan tekstur padat tapi tetap lembut. Khaboos juga saat penyajiannya seringkali ditemani oleh saus atau hummus.

Baca juga: Intip Kuliner Khas Qatar yang Bisa Jadi Teman Nobar Pesta Bola Dunia

Peluang Usaha Street Food Qatar di Indonesia

street food qatar
Ilustrasi kedai makanan Timur Tengah. Foto: loveusaha.com.

Ketika Anda melihat beberapa menu jajanan kaki lima dari Qatar ini pasti ada beberapa yang mampu membuat air liur Anda menetes. Bagaimana jika Anda bawa selera dari timur tengah ini ke Indonesia? Salah satu menu yang sudah membuktikannya adalah kebab. Mengapa tidak dengan yang lain bukan?

Alasan mengapa prospek menjalankan bisnis makanan khas Qatar cukup terbuka karena kesamaan bahan baku yang akrab dengan lidah orang Indonesia. Misalnya ragag yang teksturnya mirip crepes.

Kemudian shawarma yang selintas mirip kebab hanya saja penggunaan roti pita dengan isian daging irisan tipis-tipis membuatnya menjadi unik. Selain itu isi sayuran dan dagingnya pun sudah pasti dijamin halal. Tentunya kehalalan sebuah produk makanan adalah syarat penting agar usaha kuliner Anda diserbu pembeli.

Selain itu makanan seperti luqaimat yang unik dan mirip donat memiliki peluang besar di Indonesia. Hal itu dikarenakan konsumen Indonesia juga senang dengan makanan manis dan terbiasa pada kudapan ber-topping wijen.

Jadi, jika Anda akan membuka usaha kuliner Qatar, menu manakah yang akan Anda pilih?

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments