Tips Supaya Roti Kukus Tidak Keriput

roti kukus keriput
Ilustrasi tepung. Foto: whattocooktoday.com.

Cara pengolahan roti bukan saja dipanggang atau digoreng, tapi juga dikukus. Di sisi lain terkadang Anda menemui kondisi yang kurang baik pada hasil akhirnya. Maka dari itu mari simak tips supaya roti kukus tidak keriput.

Roti kukus adalah sajian yang bisa Anda hadirkan kepada handai taulan saat acara di rumah atau sekedar menjadi kudapan nikmat. Akan tetapi ada beberapa cara yang perlu Anda perhatikan supaya hasilnya baik dan tidak keriput.

Perhatikan Berbagai Langkah Agar Roti Kukus Tidak Keriput

Mari simak tips supaya roti kukus tidak keriput dilansir dari berbagai sumber berikut ini:

1. Perhatikan Besarnya Api

Ilustrasi ukuran api dari kompor. Foto: Pxhere.com.

Besarnya api yang digunakan saat membuat roti kukus dapat menentukan hasil akhirnya. Cara paling aman adalah dengan mengikuti panduan pada resep. Apabila disarankan menggunakan api kecil maka lakukan. Begitu pula sebaliknya, jika perlu memasak adonan menggunakan api besar sebaiknya diikuti.

Berpegang pada resep adalah hal utama untuk membuat sajian Anda enak sejak dari proses pembuatan sampai jadi. Agar ukuran api yang digunakan presisi maka sebaiknya Anda menggunakan peralatan bakery terpercaya. Salah satu produsen terpercaya di Indonesia adalah Guataka yang menyediakan berbagai perangkat profesional.

2. Menguleni Adalah Koentji

roti kukus keriput
Ilustrasi sedang menguleni adonan. Foto: Flickr.

Tahapan paling penting untuk mendapatkan adonan yang lembut dan menghasilkan roti kukus tidak keriput jatuh pada saat menguleni. Dilansir dari What to Cook Today, untuk mendapatkan adonan kukus yang sempurna maka kuncinya terletak pada proses menguleni.

Akan lebih baik jika Anda memiliki mixer berdiri untuk memudahkan Anda dalam menguleni. Selain lebih hemat tenaga, waktu juga akan jauh lebih hemat jika menggunakan perangkat yang tepat. Pastikan Anda menguleni adonan dalam waktu cukup lama.

3. Jenis Tepung yang Digunakan

roti kukus keriput
Ilustrasi tepung. Foto: whattocooktoday.com.

Agar Anda mendapatkan roti kukus bebas keriput Anda juga perlu mengecek jenis tepung yang Anda gunakan. Pada dasarnya steamed bun standar hanya membutuhkan bahan dasar seperti: tepung, ragi, minyak goreng, dan garam. Tidak heran apabila tepung adalah bahan baku utama yang berpengaruh besar pada hasil akhir.

Beberapa jenis tepung yang dapat Anda gunakan antara lain:

  • Tepung serba guna ditambahkan dengan tepung gandum
  • Tepung kue
  • Tepung premix

Sementara itu jika Anda kesulitan mencari tepung di atas Anda dapat menggunakan tepung serba guna yang ditambahkan tepung kanji dari jagung (cornstarch).

4. Ukuran Panci

roti kukus keriput
Ilustrasi panci. Foto: Wikimedia.

Selain dari faktor bahan baku yang digunakan, ukuran panci juga dapat mempengaruhi kualitas roti kukus Anda. Dilansir dari Kompas.com, Anda perlu menyesuaikan ukuran panci pengukus dengan roti yang akan Anda olah. Lebih baik gunakan cetakan berukuran besar supaya uap panas dapat keluar dari dalam panci.

Menurut sumber dari webstaurantstore.com, panci berukuran kecil membuat lebih sedikit permukaan makanan yang bersentuhan dengan panci. Karena itu panci kecil lebih baik hanya digunakan untuk mengolah makanan berukuran lebih mungil. Selain itu makanan akan lebih lembab disebabkan ukuran diameter panci yang lebih sempit.

Sementara itu panci berukuran besar lebih baik dalam penyebaran panas. Tambahan lagin, panci besar juga akan menyediakan permukaan memasak yang lebih besar. Kondisi ini membuat panci yang lebih besar memiliki kelebihan dalam proses mengukus atau merebus.

5. Ukuran Lubang Panci Membantu Roti Kukus Tidak Keriput

roti kukus keriput
Ilustrasi panci kukus. Foto: Piqsels.com.

 

Dalam mengukus kue atau roti ada bagian penting dalam panci pengukus yang harus Anda perhatikan. Bagian itu tidak lain adalah ukuran lubang pada panci. Semakin kecil ukurannya maka uap air yang melintasinya pun juga kecil.

Apabila Anda ingin membuat kue bolu yang mekar misalnya, maka pilihan terbaik adalah menggunakan panci kukus dengan lubang berukuran besar.

Itulah beberapa tips supaya roti kukus tidak keriput. Hal ini berguna ketika Anda akan membuat makanan sendiri di rumah atau ketika Anda menjual produk roti Anda kepada konsumen.

Bagaimana pendapat Anda? Apakah Anda memiliki tips dan trik lain yang lebih efektif menurut pengalaman Anda? Yuk sampaikan pada kolom komentar! Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar dunia bakery jangan ragu untuk menghubungi kami juga.

Selamat berkreasi bakers Indonesia!

Baca juga: Ingin Menjalankan Usaha Roti? Simak Dulu Tipsnya!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments