Simak Yuk Cara Membedakan Crepes dan Leker

membedakan crepe dan leker
Leker selalu terlipat saat disajikan. Foto: Wikipedia.

Bagaimana cara membedakan crepes dan leker? Apabila dilihat sekilas kedua jenis kudapan ini mirip bagaikan pinang dibelah dua. Mulai dari bentuk, cara pengolahan yang sama-sama dimasak menggunakan wajan datar dan dijual lembaran atau lipatan membuat semakin sulit bagi orang biasa membedakannya.

Supaya Anda tidak bingung lagi, mari simak trik dan tips membedakan crepes dan leker dilansir dari Kompas berikut ini:

1. Membedakan Crepes dan Leker dari Asal Muasal

membedakan crepe dan leker
Ilustrasi crepe. Foto: Flickr.

Ketika melihat dua buah makanan yang mirip belum tentu mereka berasal dari daerah yang sama. Begitu pula yang terjadi pada crepes dan leker. Dua-duanya ternyata memiliki asal usul daerah berbeda.

Crepes rupanya sebuah menu dessert dari Perancis. Sampai kemudian popularitasnya meluas hingga ke seluruh dunia. Dilansir dari ophdenver, kita dapat melihat sejarah makanan ini kembali pada era abad ke 13 tepatnya di Brittany, Perancis.

Ternyata selidik punya selidik diyakini ketika itu ibu rumah tangga yang menemukan crepes tidak sengaja. Saat itu bubur gandum tumpah tidak sengaja ke atas kompor berbentuk datar. Karena di masa itu orang merasa sangat sayang apabila ada makanan terbuang maka makanan dari ketidaksengajaan itu pun tetap disantap. Memang kisah ini bisa dianggap sebagai urban legend, tetapi inilah yang diyakini terjadi.

Sementara leker rupanya berasal dari negeri tercinta kita lho, Indonesia! Terutama dari daerah Jawa Tengah sebagaimana tertuang di dalam buku “Jelajah Jawa Tengah” terbitan tahun 2018 oleh perusahaan penerbit PT. Borobudur Inspira Nusantara.

2. Tekstur

membedakan crepe dan leker
Ilustrasi leker. Foto: Wikipedia.

Dari kulitnya kita bisa membedakan crepes dan leker. Apabila diperhatikan, crepes lebih “fleksibel.” Hal ini dikarenakan ada beberapa jenis yang bertekstur lembut, juga ada pula kudapan dengan tekstur renyah. Perbedaan ini akan semakin mudah terasa apabila Anda melihatnya secara langsung dan memakannya.

Apabila dibandingkan dengan leker, makanan yang banyak ditemui di Jawa Tengah ini selalu memiliki tekstur renyah mulai dari pinggiran hingga ke bagian tengah.

3. Membedakan Crepes dan Leker dari Cara Membuat

Ilustrasi membuat crepe. Foto: Wallpaperflare.com.

Cara membedakan antara crepes dengan leker juga bisa dilihat dari bagaimana pembuatannya. Sekilas mirip akan tetapi berbeda. Memang yang paling mirip yaitu dari alat yang digunakan berupa pan atau teflon dan tanpa oven. Tetapi jika diperhatikan ukurannya berbeda di antara keduanya.

Pan yang digunakan untuk membuat leker berukuran lebih kecil apabila dibandingkan perkakas yang diperlukan untuk membuat crepes. Sementara itu alat teflon non-stick untuk membuat crepes memiliki diameter lebih lebar.

4. Dilihat dari Bentuknya

membedakan crepe dan leker
Leker selalu terlipat saat disajikan. Foto: Wikipedia.

Perbedaan di antara kedua makanan mirip ini dapat ditemukan pula dari bentuk saat penyajiannya. Crepes bisa disajikan baik dalam bentuk lipatan atau dapat juga berupa lembaran. Apabila dibandingkan dengan leker, makanan Indonesia ini selalu tersaji dalam bentuk lipatan. Apabila matang, kudapan tradisional ini akan dilipat satu demi satu sampai menghasilkan bentuk segitiga.

Itulah perbedaan diantara dua jenis kudapan yang mirip namun jika ditelisik lebih jauh terdapat banyak perbedaan. Memang betul yang mirip belum tentu sama, namun untuk mendapatkan informasi seputar dunia roti tentu saja Bake.co.id dapat dijadikan pegangan utama!

Membahas beda crepes dan leker saja bisa, apalagi berbagai jenis menu buatan Anda! Yuk simak terus dan sampaikan saran, menu atau bisnis bakery Anda pada bagian komentar.

Baca juga: Coklat Ceres Ternyata dari Garut, Gak Nyangka!

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments