Oleh-Oleh Jogja Bukan Cuma Bakpia karena Ada Pula Roti Sisir Jogja

Oleh-oleh Jogja selama ini identik dengan bakpia atau gudeg. Tetapi bagaimana jika Anda ingin mencari pilihan lain karena sudah terlalu sering mengkonsumsi kedua jenis makanan tersebut? Rupanya ada jawabannya, karena Anda bisa membawa pulang buah tangan dalam bentuk Roti Sisir Jogja.

Roti sisir sendiri merupakan menu jadul yang sudah lama ada di Indonesia. Akan tetapi popularitasnya di daerah kota pendidikan belum sebesar gudeg dan bakpia. Melihat itu, Delicia Bakery mencoba menghadirkan khasanah kuliner klasik kepada mereka yang rindu akan warisan resep nenek moyang maupun generasi baru.

“Kami sudah hadir meramaikan industri bakery sejak tahun 1989. Titik balik yang kami alami ketika pandemi lalu menuntut kami berinovasi,” Margaretha Puspita, owner Roti Sisir Jogja menjelaskan sebagaimana dilansir oleh Liputan 6.

Ingin Memperkenalkan Menu Oleh-Oleh Jogja yang Baru

oleh-oleh jogja
Roti sisir yang menjadi pilihan buah tangan dari Jogja. Foto: IG @rotisisirjogja.

Delicia Bakery memiliki keinginan untuk memperkenalkan oleh-oleh Jogja yang sama praktisnya seperti bakpia sekaligus memperkenalkan kembali menu kuliner klasik Indonesia. Motivasi ini muncul karena kebanyakan masyarakat hanya mengenal bakpia atau juga gudeg sebagai buah tangan dari Jogja.

“Kami bermaksud meramaikan pilihan oleh-oleh dari Jogja dengan memperkenalkan cita rasa klasik. Walaupun menu ini berasal dari masa lalu namun kami kemas dengan cara modern agar mampu diterima oleh semua jenis kalangan. Apalagi ini bukan roti musiman sehingga kami sangat mengutamakan kualitas mulai dari bahan baku premium,” kata Margaretha.

Menu makanan ini dinamakan roti sisir karena bentuknya memanjang mirip dengan alat untuk merapikan rambut.

“Juga ada tekstur berupa garis-garis berjajar yang menyerupai bentuk sisir. Bentuk ini berasal dari adonan roti yang saling menempel, kemudian disisir satu demi satu seperti disobek, kemudian diberikan isian,” lanjut Margaretha.

Baca juga: Bolen Pisang Mau Mau Bakery, Oleh-Oleh Kotabumi Terbaru

Oleh-Oleh Jogja yang Dikemas dengan Cara Modern

oleh-oleh jogja
Pengemasan yang modern dan cantik membuat oleh-oleh dari Jogja ini semakin menarik. Foto: IG@rotisisirjogja.

Demi meraih pangsa pasar kekinian, Roti Sisir Jogja dikemas secara modern. Bakery yang sudah menyediakan menu ini sejak 33 tahun lalu tak segan mengikuti perkembangan zaman. Bukan cuma rasa dan isi yang terus dikembangkan, namun juga kemasan. Dengan begitu konsumen akan tertarik untuk mencicipi dan mudah membawa produk Delicia Bakery kemana saja mereka pergi.

Demi memastikan kesegarannya, roti sisir yang digadang-gadang menjadi oleh-oleh Jogja populer setelah bakpia ini dibuat setiap hari. Konsumen otomatis selalu mendapatkan produk yang fresh.

Menu roti sisir cocok dijadikan sebagai buah tangan didukung oleh daya tahannya. Apabila disimpan pada suhu ruang maka akan bertahan selama 3 – 4 hari, sementara jika diletakkan di dalam kulkas, kudapan ini mampu bertahan selama 5 hingga 7 hari.

Anda bisa mendapatkan aneka pilihan varian rasa roti sisir di Jl. KH. Ahmad Dahlan No. 101, Yogyakarta. Walaupun tempatnya masih berada di Jogja, namun brand ini juga menyalurkan produknya melalui reseller. Tidak heran jika aneka kudapan lezat nan legendaris ini juga dapat ditemui di kota-kota lain seperti Malang, Semarang, Surabaya, Ponorogo, Madiun, Kudus, bahkan hingga Jakarta.

Anda juga tidak perlu khawatir kantong jebol karena harga oleh-oleh Jogja ini sangat terjangkau. Anda cukup mengeluarkan Rp7,500.00,- sampai Rp11,000.- untuk setiap pcs tergantung varian rasa yang Anda beli. Apabila Anda ingin membagikannya ke orang banyak maka tersedia pula paket yang berisi enam pcs roti yang dibanderol mulai dari Rp50,000.- sampai Rp62,000.-.

Berbagai Varian Rasa Roti Sisir Oleh-Oleh Jogja

oleh-oleh jogja
Salah satu varian roti sisir yang ada di Jogja. Foto: IG @rotisisirjogja.

Menurut Margaretha, Delicia Bakery menawarkan berbagai jenis varian rasa Roti Sisir Jogja. Bagi penyuka rasa manis Anda dapat memilih classic butter, chocolate, cheese special, butter meses, tiramisu, juga ada sensasi buah seperti nanas.

Di sisi lain bagi Anda yang lebih suka rasa gurih bisa memilih antara lain rasa smoked beef & cheese, beef special, dan ayam lemper. Sebagai tambahan, Roti Sisir Jogja juga memanjakan Anda yang ingin rasa lebih spesial melalui pilihan varian ovomaltine, nutella, dan lotus biscoff.

Ingin yang lebih meriah lagi? Tersedia juga varian bertekstur crispy lho! Rasa yang bisa Anda dapatkan antara lain varian original, meses, cheese dan moka. Dari sekian banyak varian yang ada rupanya menurut Margaretha ada satu yang paling disukai yaitu classic butter.

“Varian favorit pembeli adalah classic butter. Ini merupakan rasa original yang kami miliki. Begitu pula lainnya seperti ovomaltine, smoked beef & cheese dan butter meses juga disukai banyak pelanggan kami,” kata Margaretha.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk merasakan seperti apa menu roti sisir nan klasik dari Jogja ini? Apabila Anda berkesempatan berkunjung ke kota pendidikan maka sebaiknya jangan lewatkan untuk melengkapi oleh-oleh jogja Anda dengan Roti Sisir Jogja.

Foto: Oleh-Oleh Sukoharjo Legendaris, Roti Widoro

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments