Mari Menyusuri 5 Kuliner NTT yang Eksotis

kuliner ntt
Kue jawada yang disebut juga kue rambut dari NTT. Foto: merahputih.com

Selain dikenal dengan daerah yang memiliki hewan eksotis komodo, wilayah di timur Indonesia ini banyak tersaji makanan dengan sensasi rasa khas. Mari susuri apa saja kuliner NTT dengan keunikannya.

Kekayaan alam NTT bukan saja membuat wilayah ini memiliki wisata alam yang indah. Sebab dari tanah yang subur itu pula Nusa Tenggara Timur diberkahi dengan kekayaan rempah yang gurih bercita rasa tinggi.

Dilansir dari Kumparan.com, kini waktunya Anda menyusuri aneka kuliner NTT eksotis berikut ini.

1. Jagung Bose

Jagung bose dari NTT. Foto: Wikipedia

Bahan baku dari jagung mampu menggantikan nasi sebagai bahan pokok. Hal itu dicontohkah oleh masyarakat NTT dengan membuat menu jagung bose. Makanan ini dibuat dari jagung dan kacang-kacangan. Kemudian dimasak menggunakan kuah santan.

Ditambahkan pula sayuran dan labu ke dalam kuliner NTT ini untuk kemudian dapat disantap bersama lauk daging ayam atau sapi. Daging digunakan sebagai topping, jadi tidak diolah bersamaan di dalam panci.

2. Kolo, Nasi Bakar Khas Kuliner NTT

kuliner ntt
Kolo, nasi bakar NTT. Foto: Floresku.com

Kolo merupakan menu nasi bakar yang dimatangkan menggunakan bambu muda dengan ukuran panjang 30 cm. Nasi yang dimasukkan ke dalam bambu tersebut kemudian dibakar di atas bara api selama 30 menit.

Ditambah rempah-rempah khas NTT, kolo menjadi kaya akan cita rasa eksotis yang tidak pernah Anda temui sebelumnya. Biasanya makanan ini disuguhkan saat acara adat sebagai menu utama.

3. Jawada, Kue Khas Kuliner NTT

kuliner ntt
Kue jawada yang disebut juga kue rambut dari NTT. Foto: merahputih.com

Kini beranjak ke camilan, ada yang namanya kue jawada. Menu ini adalah kue tradisional bagi masyarakat Flores dengan bentuk mirip rambut. Tidak heran, beberapa orang menyebutnya dengan kue rambut.

Kue ini dibuat dengan bahan berupa gula aren, tepung beras, santan, garam, minyak dan air. Tekstur jawada cukup unik karena renyah dan tentu saja memiliki rasa enak.

Baca juga: Milovers, Menu Unik dari Waroenk Oebufu Kupang NTT

4. Rumpu Rampe

Tumisan daun dan bunga pepaya, rumpu rampe. Foto: Wikipedia

Makanan berikutnya yang kerap disuguhkan untuk beramai-ramai dengan porsi melimpah adalah rumpu rampe. Hidangan ini merupakan menu rumahan masyarakat NTT.

Rumpu rampe merupakan makanan tumisan dengan bahan dasar daun dan bunga pepaya. Bawang merah dan putih, cabai serta aneka penyedap juga bisa ditambahkan ke dalam menu yang disajikan bersama jagung bose ini.

5. Se’i Daging Sapi, Kuliner NTT yang Semakin Menanjak Popularitasnya

kuliner ntt
Se’i daging sapi lezat dari NTT. Foto: Detik Food.

Menu Se’i daging sapi semakin dikenal belakangan ini karena memiliki rasa enak dari bumbu eksotisnya. Cara mengolahnya yaitu dengan cara memotong daging sapi secara memanjang.

Setelah itu dimasak menggunakan proses pengasapan untuk membuat makanan ini menjadi matang. Pada awalnya, warga di Pulau Rote sering menggunakan daging hewan buruan seperti babi hutan atau rusa.

Seiring waktu, kuliner Nusa Tenggara Timur yang eksotis ini menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya. Karena kekhasan se’i sapi, banyak yang mengadopsinya ke dalam menu atau digabungkan menjadi sebuah menu inovasi baru.

Baca juga: Coba Menu Baru Subway Terinspirasi dari Makanan Khas NTT

Ada banyak sekali kekayaan kuliner di Nusa Tenggara Timur. Beberapa makanan yang disebutkan di sini hanya sebagian kecil saja. Kira-kira mana yang menjadi favorit Anda?

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments