Bukan Cuma di Indonesia, Harga Roti Naik Juga di AS

harga roti naik
Ilustrasi roti. Foto: Piqsels.com.

Apabila Anda sedang khawatir menghadapi meningkatnya berbagai harga, maka Anda tidak sendirian. Sebab melihat fenomena yang ada, bukan cuma di Indonesia sebab harga roti naik juga di AS. Perubahan harga ini tak dipungkiri akibat dari kenaikan harga pangan yang melanda seluruh dunia.

Ditambah lagi dengan situasi inflasi di Amerika Serikat yang membumbung hingga 9,1% pada Juni 2022. Dilansir dari CNBCIndonesia.com, menurut data dari Biro Statistik Tenaga Kerja Dept. Tenaga Kerja AS, Indeks Harga Konsumen kategori makanan panggang seperti roti dan sereal mengalami peningkatan sebesar 2% di bulan Juni.

Harga roti naik ini dipicu oleh krisis Ukraina dan Rusia. Sebab negara di kawasan ini adalah penyumbang gandum terbesar di dunia. Akibat perang, bahan pangan dari kedua negara itu tersendat dan mengalami blokade.

Baca juga: 5 Roti Khas Rusia yang Unik Juga Enak

“Indeks Produk Sereal dan Roti Juni yang disesuaikan secara musiman adalah 326,4 persen, 13,8% di atas rata-rata. Sementara untuk semua makanan rumah tangga, indeks Juni adalah 288,9, naik 12.2% dari Juni 2021,” demikian laporan media World Grain yang memang memfokuskan diri untuk membahas isu pangan pada Jumat, 15 Juli 2022.

Indeks makanan secara keseluruhan juga jauh lebih kuat dari tahun lalu, naik 10,4% dari year-on-year. Kenaikan tersebut merupakan kenaikan terbesar dari tahun ke tahun dalam indeks makanan sejak Februari 1981, ketika kenaikan waktu itu yang terjadi pernah mencapai 10,5%.

Berbagai upaya untuk mengatasi kenaikan harga dunia ini memang telah dilakukan. Sejauh ini pihak Moskow dan Kyiv mencoba berunding untuk kembali membuka pintu pengiriman bahan-bahan dari Ukraina. Dialog ini dimediasi oleh badan dunia, Perserikatan Bangsa-Bangsa serta negara Turki.

Presiden Joko Widodo pun mengatakan selama ini Indonesia merupakan salah negara yang mengimpor gandum dari Ukraina dan Rusia. Apabila gandum langka, maka harga akan melonjak.

Presiden pun pernah menyampaikan mengenai hal ini di sebuah acara.

“Kita banyak mengimpor gandum. Hati-hati kepada mereka yang senang roti dan mi. Karena bisa jadi harga naik,” kata Presiden Jokowi ketika acara Puncak Hari Keluarga Nasional ke – 29 di Medan pada awal Juli ini.

Tentu harapan kita semua agar situasi ini segera membaik. Karena kelangkaan pasokan gandum bukan saja membuat harga roti naik di AS, tetapi juga ke seluruh dunia.

Baca juga: Harga Mahal Perang yang Berdampak Terhadap Industri Roti

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments