Tips Bersihkan Kerak di Oven

bersihkan kerak di oven

Tidak jarang hal mengesalkan saat akan menggunakan peralatan masak menimpa Anda. Contohnya saja ketika Anda akan membuat roti atau kue, Anda harus bersihkan kerak di oven yang akan Anda gunakan. Duh, tentu hal seperti ini akan menjengkelkan. Yuk simak tips untuk menghilangkan kotoran dari oven!

Sebagaimana umumnya sebuah alat memasak, Anda perlu terus menerus memperhatikan kondisi kebersihan oven. Terlebih lagi bagi Anda yang hobi membuat roti atau kue. Dilansir dari Kompas.com, berikut ini beberapa cara untuk bersihkan kerak di oven:

1. Menggunakan Amonia untuk Bersihkan Kerak di Oven

bersihkan kerak di oven
Ilustrasi oven. Foto: Wikimedia.

Sebagaimana dilansir dari buku berjudul “Aneka Tip Seputar Dapur” (2017) karya Srikandi Waluyo dan A. Rahartati Bambang Haryo, Anda bisa menggunakan satu piring amonia.

Anda cukup letakkan sepiring amonia itu pada bagian rak paling atas. Kemudian Anda lengkapi dengan meletakkan satu piring air dalam kondisi mendidih pada rak paling bawah dari oven Anda.

Setelah itu tutup oven semalaman kemudian buka keesokan pagi. Agar baunya hilang, buka tutup ovennya lalu bersihkan oven menggunakan lap dan sabun. Niscaya kotoran menjengkelkan akan lenyap!

Baca juga: Buat Sendiri Roti Goreng Ubi ala Korea Yuk!

2. Copot Bagian Oven yang Bisa Dilepas

Foto: Wikimedia.

Masih melibatkan amonia, kini waktunya untuk Anda untuk melepas bagian oven. Namun dengan catatan hanya bagian yang memungkinkan untuk dilepas. Setelah itu, masukkan bagian tersebut ke dalam kantong plastik kemudian tuangkan cairan amonia.

Lalu tutup selama beberapa jam kemudian bersihkan menggunakan semprotan air yang biasa digunakan untuk menyiram tanaman.

3. Soda Kue Berguna untuk Bersihkan Kerak di Oven

bersihkan kerak di oven
Ilustrasi soda kue. Foto: Pxhere.com.

Selain ammonia, Anda juga bisa menggunakan soda kue atau baking soda sebagai unsur pembersih oven dari kerak. Anda bisa mencampurkan soda kue dengan air sampai membentuk seperti pasta. Lalu oleskan ‘pasta’ tersebut pada bagian berkerak.

Setelah dioleskan tunggu dan diamkan setidaknya 10-12 jam.

Baca juga: Apa Perbedaan Baking Powder dan Baking Soda

4. Menggunakan Lemon Sebagai Pembersih Kerak

Ilustrasi lemon. Foto: Wikipedia.

Alternatif lain yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kerak pada oven yaitu menggunakan lemon. Anda potong lemon sampai terbagi dua lalu letakkan di dalam mangkuk. Setelah itu panaskan oven kemudian biarkan mangkuk yang berisi lemon selama kurun waktu satu jam.

Matikan oven setelah satu jam berlalu kemudian tunggu sampai dingin. Langkah berikutnya, Anda gosok-gosok bagian dalam oven menggunakan kain basah yang kondisinya masih bersih. Jika perlu, Anda bisa bersihkan sudut-sudut oven menggunakan sikat yang terbuat dari bulu halus.

Baca juga: Meat Slicer Multifungsi Bukan Cuma Bisa Potong Daging

5. Menggunakan Campuran Baking Soda dan Cuka

bersihkan kerak di oven
Ilustrasi baking soda dan cuka. Foto: Flickr.com.

Cara lain bersihkan oven dari kerak Anda bisa mencampurkan baking soda dan cuka. Pertama, Anda tuang baking soda kemudian taburkan pada rak oven lalu tuangkan cuka di bagian atasnya. Gosok sampai berbusa.

Diamkan semalaman, lalu gosok dengan lap basah. Pastikan Anda menggunakan sarung tangan saat melakukan ini agar kulit Anda terlindung. Lalu Anda bisa siapkan cuka dengan memasukkannya ke dalam botol spray. Setelah itu semprotkan pada bagian kerak yang membandel.

Bagaimana? Mudah bukan membersihkan oven dari noda dan kerak? Semoga tips ini membantu Anda yang hobi membuat roti, kue dan makanan lain yang menggunakan oven.

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments