Mari Berkenalan dengan Paratha dari India

Salah satu makanan khas negeri Bollywood adalah paratha dari India. Penduduk yang menempati negara asal Shah Rukh Khan ini menggunakan paratha sebagai teman bersantap saat menikmati kari. Yuk kenalan lebih jauh!

paratha dari india
Ilustrasi roti paratha. Foto: Wikipedia.

Menu yang satu ini memiliki bentuk yang unik. Teksturnya pipih berlapis dengan warna emas cenderung kecoklatan. Paratha sering disantap pada waktu sarapan.

Sebagaimana dilansir dari Kompas.com, asal muasal menu sarapan India ini datang dari Peshawar, Pakistan sebelum menyebar ke seantero India. Roti berbentuk pipih ini dapat dengan mudah ditemui baik di penjual kaki lima sampai restoran mewah.

Paratha dari India juga tersebar ke berbagai kawasan di Asia Tenggara karena banyak penduduk negeri Bollywood yang hijrah berbagai negara. Sebut saja Malaysia, Singapura dan juga Indonesia.

Nama paratha berasal dari dua kata yaitu parat dan atta (tepung). Jika diartikan, paratha adalah adonan terbuat dari tepung dengan bentuk berlapis yang dimasak.

Sementara itu, penyebutan paratha dari India di Indonesia dan Malaysia biasanya menggunakan nama roti cane atau canai.

Baca juga: Gaji Chef Roti Canai Mencapai 57 Juta, Tertarik?

Bahan yang Diperlukan untuk Membuat Paratha dari India

paratha dari india
Ilustrasi paratha. Foto: Flickr.

Bahan apa saja yang diperlukan jika Anda ingin membuat paratha? Tepung gandum utuh adalah jawabannya. Komponen ini merupakan bahan utama roti canai.

Setelah adonan jadi, langkah berikutnya dimasak di atas wajan berbentuk pipih. Selain itu gunakan ghee saat proses ini.

Ghee adalah clarified butter, yaitu mentega dengan kandungan air namun padatan susunya dihilangkan. Dengan begitu di dalam ghee hanya terkandung lemak mentega.

Baca juga: Roti Canai Bu Ulya Laris Manis di Gresik

Bahan-bahan lainnya bervariasi dan bisa dijadikan sebagai isian. Sebut saja isian kentang rebus, paneer atau keju India, kembang kol, cabai dan jahe.

Paratha dari India cocok untuk disantap sendiri atau juga beramai-ramai.

Selain itu, Anda juga bisa memakan langsung roti yang juga disebut canai ini. Kemudian menu ini juga nikmat disantap bersama acar, kari, yoghurt, sampai chutney (berbagai campuran buah, sayur dan bumbu).

Makanan khas negeri Bollywood ini bisa Anda sajikan kepada keluarga atau dijadikan ke dalam jajaran menu bisnis kuliner.

Paratha dari India memiliki tekstur dan rasa sedemikian rupa yang pastinya akan terus diburu oleh penggemar makanan India dan kawasan sekitarnya. Lidah orang Indonesia pun mudah beradaptasi dengan rasa paratha.

Baca juga: Cuma dengan Modal 100 Ribu, Pria Ini Menjadi Milyarder dari Bisnis Roti Canai

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments