Roti Jalo Khas Aceh Sajian Istimewa di Acara Adat

Roti Jalo Khas Aceh Singkil. Foto: AJNN

Ada sebuah kuliner unik dari daerah yang terletak di ujung Sumatera. Nama menu tersebut adalah Roti Jalo khas Aceh Singkil yang masih lekat dan digemari oleh penduduk sekitar. Terutama di kawasan pesisir Aceh.

Sajian tersebut dinamakan Roti Jalo karena adonannya berbentuk pipih dengan lubang yang mirip seperti jalinan jala. Makanan ini disajikan menggunakan kuah gulai lokan serta kentang yang bumbunya diracik khusus.

Menu ini kerap kali menjadi hidangan saat acara adat. Seperti acara pertunangan, walimah, kenduri, dan berbagai hari besar lain. Karena itulah kuliner ini menjadi kearifan lokal budaya setempat.

Bahkan jika ada masyarakat Aceh Singkil yang merantau dan mengadakan acara, makanan ini tetap disajikan sebagai pengobat rindu akan kampung halaman.

Sebagaimana dilansir oleh AJNN, Aswin seorang warga Aceh menceritakan bahwa ia harus mengikuti orang tuanya bertugas ke Banda Aceh. Ketika itu neneknya selalu memasak menu khas itu saat berkunjung dari Singkil.

“Rasanya sangat enak. Hanya saja dulu saya masih anggap makanan basa karena saya dulu belum begitu paham,” ujarnya.

Kuliner tradisional ini rupanya tidak dijual di sembarang tempat. Hanya warung tertentu saja yang menyajikannya.

Ros, salah satu pengrajin Roti Jalo di Aceh Singkil mengungkapkan resep menu tersebut. Ia berkata bahwa makanan unik ini tidak terlalu rumit. Adonan yang melebar dan berlubang bagaikan jala itu dilipat, kemudian disiram dengan kari gulai lokan plus kentang.

“Siapkan bahan seperti 100 butir lokan yang dikupas, 500 gram kentang, santan sedang 200 ml, 500 ml santan kental, serta asam jawa satu sendok makan,” jelas Ros.

Cara membuat adonan Roti Jalo, awali dengan mencampurkan tepung terigu dengan air, aduk perlahan hingga larut. Selanjutnya tambahkan telur ke adonan, tepung dan aduk lagi sampai tercampur rata dan tambahkan sesendok garam.

“Kemudian tambahkan beberapa sendok minyak ke adonan dan kocok lagi sampai larut. Kemudian masukkan adonan ke dalam mangkuk berlubang, cairkan di wajan, dan keluarkan jika sudah matang,” ujarnya.

Ros melanjutkan, adonan yang sudah matang diangkat dan dilipat serta diletakkan di atas piring. Kemudian, masak kuah di wajan teflon, tambahkan minyak, tambahkan bawang merah dan putih, dan bumbu lain.

Tumis sampai halus, lalu tuangkan santan, lokan, dan kentang.” Setelah matang, dalam waktu 15 menit, lalu tuang adonan Roti Jalo. Makanan siap disantap!

Baca juga:

Wow, Bakpia Ini Punya Rasa Buah Naga

Donat Kentang Bondo Patries Ini Menyajikan 12 Macam Toping yang Dijamin Enak

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments