Berawal Dari Kue Tart Brownies, Hobi Jadi Peluang Rejeki

Kue tart brownies
Kue Tart Brownies. Foto: IG @dapurkrabbelen

Ada sebuah kisah menarik tentang seorang wanita yang berawal dari kue tart brownies justru menjadi sumber penghasil rejeki. Seperti apa ceritanya?

Wanita asal Cirebon bernama Diana Nurfitria pada awalnya mencoba membuat aneka jenis makanan. Salah satunya adalah kue tart brownies. Seperti yang diketahui banyak orang, kue adalah makanan yang bisa dimakan dalam kondisi apapun.

Baik itu sebagai camilan, bersama teman di jamuan makan, atau sebagai pelengkap perayaan ulang tahun atau acara lainnya.

Bahan baku yang mudah didapat dan kerajinan yang mudah dipelajari seringkali mendorong para ibu rumah tangga untuk membuatnya sendiri di rumah.

Diana kemudian membangun bisnis yang bernama Dapur Krabbelen Homemade.

“Awalnya saya coba-coba karena suka jajanan enak, suka bikin kue. Kadang saya kasih ke tetangga, teman, keluarga, dan mereka suka. Kemudian tahun 2012, saya coba jual. Rupanya banyak yang suka dan reorder,” kata Diana kepada detikcom.

Berawal dari kue tart brownies, kini usaha yang telah berjalan 10 tahun itu semakin berkembang varian menunya. Seperti tart, brownies, cheese roll, nastar, strawberry shortcake, snow white, kastengel, kue selai kacang, puding, bolu gulung dan aneka kue lainnya.

Dalam sebulan, ia mampu menjual 150 hingga 300 kue dalam sebulan. Dari penjualan tersebut, Diana mampu menghasilkan sekitar Rp 5 juta hingga 10 juta per bulan.

Meski penghasilan bulanannya cukup besar, ia belum memiliki toko offline sendiri. Seluruh pekerjaan ia jalankan sendiri.

“Alhamdulillah, walaupun saya tidak punya toko offline, bisnis kue online saya masih hidup sampai sekarang. Meski bukan bisnis besar, saya masih melakukannya sendiri karena sulit mencari asisten yang betah bertahan lama,” katanya.

Usaha yang berawal dari kue tart brownies ini memang mengalami naik dan turun. Penurunan terutama disebabkan oleh dampak pandemi yang berimbas pada daya beli masyarakat.

kue tart brownies
Ilustrasi kue tart brownies. Foto: Google.

Diana berinisiatif menerapkan strategi pemasaran baru. Ketika banyak yang harus isolasi karena COVID-19, ia menawarkan banyak bonus. Hal ini juga menjadi perhatian para pelanggan Diana yang sedang berjuang untuk sembuh.

Selain mencari strategi pemasaran baru, Diana juga mencoba menambah pengetahuannya tentang bisnis kuliner dengan mengikuti “Kembangkan Usaha Bisnismu” dari detikcom bersama Kraft Heinz Food Service.

Diana bersemangat untuk mengikuti program ini dan berharap dapat menemukan program yang tepat untuk bisnis Kitchen Krabbelen-nya.

Kisah Diana ini semoga mampu menginspirasi Anda untuk terus mencoba dan bereksperimen dalam menjalankan bisnis kue. Jalan memang tidak selalu mudah namun pasti selalu ada jalan bagi mereka yang berusaha.

Karena itu agar Anda terus terinspirasi, simak selalu pembahasan seputar dunia roti, kue dan pastry di Bake.Co.Id. Mulai dari resep, tren dan inovasi serta kisah-kisah inspiratif akan menemani Anda menapaki perjalanan bisnis Anda.

Baca juga:

Brownies untuk Kado Ultah? Dijamin Enak!

Army BTS ini Sukses Berbisnis Korean Cake

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments