Kisah Sejarah Kue Putri Salju Ternyata Sangat Menarik

sejarah kue putri salju
Foto: Liputan 6.

 

Ada sebuah kue kering yang disukai oleh tua-muda, dari anak-anak sampai orang dewasa. Ciri khasnya terletak pada taburan gula halus di atasnya. Inilah sekelumit sejarah kue putri salju yang melanglang buana melintasi benua.

Ternyata, kue putri salju adalah kue yang berasal dan sangat populer di Austria dan Jerman. Di sana, kue yang terasa renyah sekaligus lembut ketika digigit ini biasanya disajikan selama libur Natal.

Entah sejak kapan kue Putri Salju mulai bermunculan di Indonesia. Diperkirakan kue ini sudah ada di Indonesia sejak lama. Seiring berkembangnya zaman, kue ini kemungkinan besar juga dibawa oleh orang asing yang datang ke Indonesia untuk berlibur atau bahkan untuk sekedar hobi.

Kue putri salju menjadi salah satu kue terpopuler saat itu karena rasanya yang lezat. Seperti nastar dan kastengel, kue yang rasanya manis ini juga mengalami perubahan resep untuk mengakomodasi lidah masyarakat Indonesia.

Sebagaimana dilansir dari Liputan6, ada kemungkinan besar kue berwarna putih yang kita kenal sekarang ini lebih dekat dengan Austria. Sebab bentuk dan rasa kue sejenis yang ada di negara Eropa tersebut memiliki bentuk yang mirip dengan di Indonesia.

Salah satu ciri khas yang menjadi kesamaan sejarah kue putri salju antara Austria dan Indonesia dapat dilihat dari bentuk dan rasa. Lebih tepatnya, berbentuk bulan sabit dengan cita rasa vanilla dengan ornamen gula halus.

Sementara itu diyakini apabila nama putri salju sendiri diambil dari taburan gula halus yang menyelimuti permukaannya. Apabila dilihat sepintas memang sangat mirip dengan permukaan yang diselimuti salju.

Jika Anda seorang pengrajin kue, Anda juga dapat memodifikasi kue ini sesuai keinginan. Sebab walaupun sejarah kue putri salju cukup panjang sampai ke negara Eropa, namun kreativitas Anda tetap dapat dicurahkan saat membuatnya.

Karena sekarang ini sudah banyak tersedia cetakan kue dan alat untuk membuat berbagai jenis kue seperti putri salju. Peluang bisnis yang ada di balik kelembutan dan gurihnya kue putri salju sudah dirasakan oleh banyak pelaku usaha.

Kini giliran Anda yang berkreasi!

Baca juga:

Rupanya Ini Sejarah Mengapa Kue Kering Selalu Ada Saat Lebaran

Cuma dengan Modal 100 Ribu, Pria Ini Menjadi Milyarder dari Bisnis Roti Canai

Roti Legendaris Solo Ini Sudah Berdiri Sejak Abad Ke 18

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments