Urutan Tingkat Posisi Chef: Siapa Saja yang Bekerja di Dapur Restoran?

tingkat posisi chef
Ilustrasi chef di dapur. Foto: Image creator.

Apa saja urutan tingkat posisi chef dan siapa saja yang bekerja di dapur restoran? Salah satu hal yang menarik dari dunia kuliner adalah adanya berbagai macam profesi chef yang bekerja untuk mewujudkan kelezatan masakan.

Chef tidak hanya sekadar memasak, tetapi juga memiliki tanggung jawab dan keterampilan yang berbeda-beda sesuai dengan tingkatan jabatannya.

Bagaimana Menentukan Urutan Tingkat Posisi Chef

Dalam menentukan urutan tingkat posisi chef, kita perlu memahami kitchen hierarchy atau struktur organisasi dapur yang ada di industri makanan. Hierarki ini berlaku khususnya di restoran atau hotel.

Kitchen hierarchy ini terdiri dari beberapa level chef yang memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda-beda sesuai dengan keahlian dan pengalaman mereka. Berikut ini adalah urutan tingkat posisi chef dari yang paling tinggi hingga yang paling rendah:

1. Executive Chef

tingkat posisi chef
Ilustrasi executive chef sedang memeriksa hasil kerja tim. Foto: Flickr.

Bisa dibilang, posisi executive chef menempati tempat teratas di dalam hierarki dapur. Istilah lain yang kerap digunakan untuk menyebut posisi ini dilansir dari Blog.DuniaMasak adalah Kepala Dapur.

Executive chef adalah kepala dapur yang bertanggung jawab penuh atas semua hal yang terjadi di dapur. Tugasnya adalah mengkreasikan menu sekaligus cost yang dikeluarkan. Ia juga mengawasi seluruh pekerjaan dapur, termasuk memastikan pengolahan makanan sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Bukan hanya urusan dapur, karena executive chef juga menangani komplain dari pelanggan jika ada. Sebagai seseorang dengan jabatan paling tinggi, ia juga yang maju paling depan apabila terjadi kritikan atau komplain. Ia juga bertanggung jawab untuk selalu mampu memenuhi harapan konsumen termasuk menciptakan sensasi rasa atau menu baru.

2. Sous Chef

Ilustrasi sous chef. Foto: Flickr.

Ibarat wakil direktur di sebuah perusahaan, maka sous chef adalah perwakilan executive chef sebagai pucuk pimpinan tertinggi di dalam hierarki dapur restoran. Ia berada di urutan kedua dalam tingkatan chef.

Sous chef menjadi mitra kerja dari eksekutif chef. Ia adalah bawahan langsung dari eksekutif chef atau head chef. Salah satu tugasnya adalah menyampaikan instruksi yang diberikan kepada bawahannya.

Tugas utamanya yang lebih spesifik adalah membuat menu yang bervariasi sesuai dengan kebijakan dan visi restoran, serta menetapkan jadwal atau aturan yang ada di dapur agar semua pekerja bisa bekerja dengan efektif.

Deskripsi pekerjaan seorang sous chef juga mencakup mengevaluasi menu yang sudah ada terkait kesesuaian dengan standar restoran. Ia juga bertugas untuk mencari koki yang memiliki bakat untuk melakukan proses memasak dengan standar yang tinggi.

Sous chef juga turut mengecap menu yang akan disajikan ke pelanggan. Bahkan ia juga bertanggung jawab untuk merancang strategi pemasaran agar mampu meningkatkan laba dan memperluas jangkauan konsumen.

Baca halaman berikutnya: Chef de Partie

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments