Apa Itu Green Bread? Kenali Roti Matcha yang Baru Saja Menyabet Juara

green bread
Brioche Japonais menjadi kampiun di Britain’s Best Loaf. Foto: BBC/British Baker.

Green bread adalah salah satu jenis roti yang sedang populer di kalangan pecinta kuliner. Roti ini memiliki warna hijau yang menarik dan rasa matcha yang khas. Asalnya dari Jepang, namun kini sudah menyebar ke berbagai negara, termasuk Indonesia.

Bahan baku di dalamnya membuatnya bukan saja enak tapi juga sehat. Misalnya kita lihat dari salah satu bahan penting di roti ini yaitu matcha. Matcha merupakan bubuk teh hijau yang kaya akan antioksidan, vitamin, mineral, dan serat. Bisa membantu meningkatkan metabolisme, menurunkan kolesterol, menenangkan pikiran, dan mencegah penuaan dini.

Tapi apa ya membuat green bread menjadi istimewa? Yuk simak lebih jauh pada artikel ini!

Green Bread Ditemukan oleh Baker Jepang

Pembuat Brioche Japonais, Miyo Aoetsu. Foto: Instagram.com/kumasanbakehouse.

Menu roti yang unik ini ternyata ditemukan oleh seorang baker dari Jepang bernama Miyo Aoetsu, seorang baker asal Jepang. Ia memutuskan terjun dalam dunia baking karena hobi. Saat ini, Miyo telah berhasil menjalankan karir sebagai pemilik toko roti Kuma-san Bakehouse dan seorang baker profesional.

Green Bread yang diciptakannya memenangkan penghargaan roti loaf terbaik di Inggris dalam kompetisi ‘Britain’s Best Loaf Award’. Acara ini diselenggarakan oleh Trade Magazine bernama British Baker. Miyo juga menciptakan berbagai jenis roti lainnya yang unik dan lezat. Ia juga sering membagikan resep-resep roti di akun Instagram pribadinya.

“Sangat umum di negara saya menggunakan matcha untuk berbagai jenis makanan. Seperti kue, roti, dan jajanan lainnya. Kandungan rasa pahit dari matcha bergabung bersama manis coklat dan buah kering menjadikan roti ini istimewa,” kata Miyo dilansir dari BBC.

“Proses menemukan racikan yang tepat memakan waktu hingga tiga sampai empat bulan. Saya harus menemukan kombinasi paling tepat antara rasa manis dan pahit. Di sisi lain matcha cukup sensitif pada perubahan suhu. Perlu dilakukan dengan hati-hati agar tidak berubah menjadi terlalu coklat.”

Halaman berikutnya: Berhasil jadi Juara! 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments