Kisah Toko Roti Go, Toko Roti yang Telah Berusia 124 Tahun

toko roti go
Tampak depan Toko Roti Go. Gambar: travelling yuk

Tahukah Anda bahwa tepatnya di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah telah berdiri sebuah toko roti selama 124 tahun? Unit bisnis legendaris tersebut bernama Toko Roti Go. 

Sebuah bisnis bukan saja mampu memberikan produknya kepada masyarakat. Namun juga dapat mewakili perjalanan sejarah sebuah daerah. Itu pula yang dialami oleh toko roti yang berada di kawasan Purwokerto ini. 

Bagaimana kisahnya? 

Sejarah Toko Roti Go

Toko Roti Go
Produk Roti Go. Gambar: travellingyuk

Toko bersejarah ini didirikan pada tahun 1898 oleh pasangan Tionghoa. Mereka bernama Go Kwek Ka dan Oei Pak Ke Nio. Fakta menarik adalah mereka merupakan bagian dari Kesultanan Cirebon sebagaimana dikutip dari sumber.

Toko ini yang berlokasi di Jl Jendral Sudirman No. 82. Sementara itu yang kini menjalankan unit bisnis adalah pasangan suami istri generasi ketiga. Mereka adalah Rosani Wiogo dan FX Pararto Widjaja. 

Lalu dari mana asal muasal penamaan “Go” itu sendiri? Nama “Go” berasal dari klan pendiri pertama di Cina, yaitu Go Kwek Ka. 

Toko roti yang berada di Provinsi Jawa Tengah ini tetap menjaga  keasliannya sejak toko dibuka. Terutama dari segi bahan pembuat roti yang digunakan. Toko roti bersejarah ini tidak menggunakan pengawet tambahan dan pengembang buatan.

Bahkan tungku pemanggang roti masih sama seperti ketika toko dibuka. Ada yang unik dari tungku tersebut. Karena dasar bagiannya menggunakan gula aren yang sudah dihancurkan dan dimasak. 

Kemudian itu semua menjadi bahan dasar pemanggangan internal. Walaupun begitu, tungku berusia seabad ini telah dipoles. Hal ini semata-mata agar kualitasnya tetap terjaga. 

Berbagai Menu Roti sampai Kue Kering

Berbagai pilihan produk roti. Sumber

Seluruh menu yang disajikan menggunakan bahan tradisional turun temurun. Berbagai jenis roti tersedia. Dari roti manis, sandwich selai stroberi, sandwich selai nanas, sandwich pisang, roti kopibrood/cokelat hingga aneka kue kering.

Fakta menarik lainnya adalah kue-kue kering yang dijual sudah ada sejak pertama kali toko dibuka. Seperti lidah kucing dan roti jahe.

Bagaimana dengan rasanya? Lidah kucing yang disajikan tidak terlalu manis. Karena itulah roti ini sangat cocok untuk siapa saja yang ingin mengurangi gula. Sementara itu roti jahe yang diproduksi disini memiliki rasa jahe yang kuat karena berasal dari jahe asli.

Dengan harga yang ekonomis mulai dari Rp3,000 saja, seluruh lapisan masyarakat khususnya Kabupaten Banyumas dan sekitarnya dapat menikmati menu-menu roti yang lezat. 

Begitu pula bagi Anda yang berasal dari luar kota yang sedang berkunjung. Salah satu toko roti tertua di Indonesia ini tidak dapat Anda lewatkan begitu saja. Untuk mendapatkan informasi terbaru Anda dapat mengunjungi akun Instagram Roti Go

Baca juga:
3 Cara Mengetahui Roti yang Sudah Basi

Yuk Kenalan dengan The Wheat Toko Roti Jadul Legendaris

Nikmati Rasa Khas Roti Jadul di Moro Bake Shop

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments