Semua orang bisa berpartisipasi dalam mendorong pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia. Salah satunya dilakukan oleh Aice Mochi Klepon yang berada di bawah naungan Aice Group. Jenama ini berhasil mendapatkan penganugerahan penghargaan tertinggi (Gold) pada kategori Most Creative Brand.
Anugerah ini didapatkan dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) saat acara Co-Branding Awards 2022. Mengapa brand ini mampu menyabet penghargaan Gold tersebut?
Dilansir dari Pastry n’ Bakery, karena mereka secara intensif berpromosi lewat Aiche Mochi Klepon dan Mochi Babu. Langkah tersebut dianggap memberikan sumbangan besar dalam mendorong dan memperkenalkan pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.
Pesan Positif yang Mampu Mendorong Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
Aice Mochi Klepon sejauh ini telah diproduksi mencapai 30 juta bungkus lebih. Karena jumlah yang besar itulah brand yang dimiliki oleh Aice Group ini dianggap mampu membawa pesan untuk mempromosikan kekayaan Indonesia ke berbagai pihak. Akibat gencarnya penjualan otomatis mendorong pesan positif mengenai kekayaan kuliner khas Indonesia yang dikemas secara modern.
Produk yang menjadi best seller ini juga turut disebarkan oleh 350 ribu jaringan pemasaran Aice. Terhitung mulai dari pasar modern sampai dengan warung di berbagai pelosok Indonesia memberikan andil terhadap penyebaran produk ini.
Bahkan pesan positif yang mampu diusung oleh Aice ini juga diapresiasi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. Beliau melihat kreativitas Aice memadukan produk modern dengan warisan kuliner lokal mampu mendorong kegiatan pemasaran wisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.
Inovasi Warisan Indonesia
Apresiasi dari pemerintah ke usaha yang dimiliki swasta ini menunjukkan hadirnya sinergi antara stakeholders di Indonesia. Aice Mochi Klepon yang terinspirasi dari kue klepon mampu menyatukan visi pemangku kepentingan untuk memajukan pariwisata dan ekonomi kreatif.
“Penghargaan dari Kemenparekraf ini menunjukkan kolaborasi dan sinergi antar stakeholders yang efektif. Seluruh pemangku kepentingan dapat menyumbang sebagian kekuatan proses bisnisnya untuk menguatkan kampanye Wonderful Indonesia. Aice juga akan terus konsisten berkontribusi dengan membuat produk inovatif berkualitas untuk mendukung langkah pemerintah mempromosikan Wonderful Indonesia,” kata Jubir yang juga Brand Manager Aice Group, Sylvana Zhong yang dilansir dari Pastry n’ Bakery.
Aice dalam mendukung pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia juga meluncurkan co-branding campaign berjudul “Inovasi Warisan Indonesia” ke seluruh lini marketing. Baik dari kemasan es krim itu sendiri sampai dengan seluruh media offline dan online. Demi mendukung langkah ini, produk Aice juga bukan cuma ditujukan di Indonesia tapi juga ke negara Asean berbeda.
Baca juga: Cinnamon Rolls dan Klepon Menyatu Jadi Kudapan Enak!
Memperkenalkan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia ke Mata Dunia
Co-branding oleh Aice dan Kemenparekraf pada dasarnya mengandung tiga elemen tujuan utama. Ketiga elemen itu antara lain:
- Meningkatkan brand equity dari Wonderful Indonesia yang menjadi identitas dunia pariwisata di Indonesia
- Memperluas kekuatan jangkauan dan penetrasi pasar
- Mendorong optimalisasi pemanfaatan sumber daya dari semua pihak yang terlibat
Hal ini dijelaskan lebih lanjut oleh Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf, Ni Made Ayu Marthini mengenai penghargaan yang diterima oleh Aice.
“Kami mengucapkan apresiasi atas penghargaan Most Creative Brand yang didapatkan Aice karena kontribusi Aice dalam promosi kuliner khas Indonesia. Makanan Indonesia ini terwujud melalui kreasi menu tradisional bernama klepon. Aice Mochi Klepon berhasil mengangkat Wonderful Indonesia bukan saja untuk dalam negeri, tapi juga ke berbagai penjuru negara Asean. Ini merupakan contoh pelestarian dan promosi kuliner Indonesia sampai ke mata dunia yang ideal,” kata Marthini.
Es krim klepon dari Aice ini memang cocok untuk memperkenalkan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia. Dengan lelehan gula aren yang dibungkus kulit mochi rasa pandan membuat kudapan ini kenyal dan sangat mirip klepon asli. Apakah Anda tertarik mencoba dan bergabung menjadi bagian dari promosi ekonomi kreatif dan wisata Indonesia?