Martabak Air Mancur, Kuliner Legend Bogor yang Selalu Jadi Buruan

Berkunjung ke Bogor belum lengkap rasanya apabila Anda tidak mencicipi salah satu kuliner legendaris Kota Hujan yaitu Martabak Air Mancur. Berdiri sejak 1993, gerai ini sudah menemani masyarakat Bogor dan para wisatawan yang ingin membawa oleh-oleh.

martabak air mancur
Martabak di Kota Bogor yang legendaris. Foto: Mona Priti

Martabak yang ada di Jalan Jend. Sudirman No 64, Kota Bogor ini menawarkan sensasi Martabak Manis yang tebal dengan berbagai isian. Mulai dari cita rasa klasik seperti coklat dan keju, juga tersedia varian unik seperti jagung, kurma, sampai dengan pisang.

Sementara itu varian Martabak Telur ada yang menggunakan isian sosis, sea food, sampai dengan sosis dan corned beef.

Alasan Mengapa Martabak Air Mancur banyak Disukai Pembeli

martabak air mancur
Lokasi gerai martabak di Jl. Jend. Sudirman, Kota Bogor. Foto: Indra Basyah.

Bukan tanpa alasan apabila martabak yang ada di kota hujan ini selalu menjadi buruan pelancong dan warga lokal. Selain lokasinya yang strategis, kudapan legendaris Bogor ini memiliki keunggulan sebagai berikut:

1. Memberikan Pengalaman Dine-In yang Tidak Dimiliki Gerai Lain

Sensasi makan martabak di restoran. Foto: Detik Food.

Salah satu bagian unik dari gerai martabak yang sudah ada sejak awal 90-an ini yaitu Anda dapat menikmati di ruang restoran. Apabila usaha sejenis hanya melayani take away, berbeda dengan Martabak Air Mancur. Mereka menyediakan ruang makan yang nyaman, ber-AC dan lengkap dengan menu lain untuk konsumen.

Bayangkan Anda menikmati sensasi martabak panas yang baru diangkat. Kejunya meleleh, asapnya masih terlihat dan aroma yang Anda hirup akan memberikan pengalaman tersendiri! Sangat jauh berbeda jika Anda menyantapnya di rumah.

Selain itu Anda juga dapat menikmati hidangan lain selain martabak. Misalnya saja mie ayam bakso, nasi goreng, dan makanan berat sampai ringan lainnya. Tersedia juga aneka jus dan minuman segar di gerai ini. Anda dapat mengenyangkan perut sambil menunggu martabak matang sebelum dibawa pulang.

2. Tidak Tanggung-Tanggung Memberikan Isian

Ilustrasi martabak manis. Foto: Wikipedia.

Bagi Anda yang sudah terbiasa makan martabak bisa jadi sangat mudah menemukan perbedaan antara gerai yang ada di Bogor ini dengan yang lain. Salah satunya dapat ditemukan dari melimpahnya isian di dalamnya ketika digigit.

Contohnya saja martabak telor. Varian yang menggunakan telur bebek atau ayam ini diberikan tambahan daging sapi. Hanya saja berbeda dari gerai kebanyakan yang menggiling daging tersebut, bisnis kuliner di kawasan Air Mancur Bogor ini menggunakan potongan besar.

Ditambah lagi daun bawang dan bawang bombay yang digunakan membuat air liur siapapun menetes. Di sisi lain walaupun isian berlimpah ini membuat tebal adonan, tapi kulitnya tetap terasa renyah. Kerenyahan ini memberikan sensasi krenyes.. Krenyes.. saat disantap.

Begitupun martabak manisnya juga tebal dengan serat yang kasar sehingga sangat empuk ketika digigit. Isiannya tidak tanggung-tanggung karena sangat melimpah dan terlihat meleleh saat Anda makan. Kulit martabak manis yang ada juga dibuat untuk memenuhi selera berbeda. Ada yang renyah tipis dan kering, varian biasa, sampai dengan brownies.

3. Lokasi Strategis

martabak air mancur
Tampak depan gerai martabak legendaris Kota Bogor. Foto: Martabak Air Mancur.

Selain rasanya yang enak, kudapan berupa martabak legendaris yang ada di kawasan Air Mancur ini mudah ditemui. Apabila Anda berasal dari luar kota, Anda cukup mengarahkan kendaraan Anda menuju Balaikota Bogor. Kemudian belok kiri setelah sekolah Regina Pacis. Nantinya Anda putar balik di bundaran Air Mancur karena letaknya ada di sebelah kanan jalan.

Jika Anda menggunakan kendaraan umum dari arah stasiun Bogor Anda dapat menggunakan angkutan kota nomor 08 (warna biru) atau nomor 16 (warna angkutan hijau dengan warna angka merah). Setelah itu Anda turun tepat di seberang lokasi gerai martabak.

Cara termudah adalah menggunakan sepeda motor atau kendaraan sendiri dengan panduan aplikasi peta penunjuk arah. Anda dapat mengunjungi lokasi restoran penyedia martabak dan menu lainnya di Jl. Jenderal Sudirman Bogor ini dengan menekan lokasi berikut: Lokasi Martabak Air Mancur.

Itulah pembahasan singkat mengenai sebuah martabak yang legendaris. Hadir di Kota Hujan selama puluhan tahun dan sampai kini masih menjadi buruan pembeli. Apakah Anda sudah pernah mencoba? Varian apa yang paling Anda sukai?

Baca juga: Bahas Martabak Yuk! Anda Pilih Martabak Manis atau Martabak Telur?

 

1 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments