Ssst! Chef Devina Hermawan Bagi Resep Tart Jamur Nih

resep tart jamur
Ilustrasi tart jamur. Foto: Wikipedia.

Pernah mencoba membuat kue yang unik sekaligus enak dengan topping jamur? Kali ini chef Devina Hermawan bersama Anchor, sebuah jenama butter berkualitas menghadirkan resep tart jamur. Kudapan ini sangat mudah dibuat oleh siapa saja baik untuk konsumsi di rumah maupun sebagai bisnis rumahan.

“Resep tart jamur yang saya buat sengaja menggunakan butter. Sebab bahan ini mengandung lemak alami yang mampu memenuhi tiga kebutuhan sekaligus,” kata Devina sebagaimana dilansir oleh Antara.

Resep Tart Jamur Menggunakan Butter yang Mengandung Tiga Manfaat

resep tart jamur
Tart jamur ala Devina Hermawan. Foto: Antara.

Butter dengan brand Anchor dipilih oleh chef Devina Hermawan karena mengandung sedikitnya tiga buah manfaat. Apa saja?

  1. Butter berfungsi membuat tekstur makanan menjadi khas. Baik menjadikannya lembut, creamy, maupun untuk membuat jadi renyah.
  2. Segala makanan yang akan Anda buat tidak akan menempel pada wajan atau wadah yang Anda gunakan. Ini adalah manfaat butter yang sangat membantu dan dapat dirasakan baik oleh koki rumahan sampai dengan chef profesional seperti Devina Hermawan.
  3. Makanan menjadi lebih gurih dengan aroma yang menggoda. Akan tetapi butter tidak mendominasi rasa asli makanan sehingga membuat kreasi Anda tetap terasa karakternya.

Mengapa Menggunakan Anchor Butter?

resep tart jamur
Ilustrasi anchor butter. Foto: Anchorfoodprofessionals.com.

Bukan tanpa alasan jika chef Devina Hermawan memilih Anchor untuk membuat resep tart jamur. Dilansir dari situs resminya, brand butter ini memiliki beberapa keunggulan. Pastinya produk ini memiliki cita rasa yang kaya untuk menambah sensasi ke berbagai jenis menu makanan.

Semua jenis varian butter ini terbuat dari susu segar hasil olahan susu sapi Selandia Baru. Kualitas terbaik berawal sejak pakan sapi-sapi tersebut yang mengkonsumsi rumput berkualitas tinggi.

Keunggulan yang dimiliki oleh Anchor:

  • Dibuat dari bahan alami, tanpa pengawet, bebas gluten dan halal
  • Higienis
  • Nilai laktosa rendah yang membuat hasil baking selalu berkualitas
  • Mampu mengoptimalkan rasa, warna dan sensasi makanan saat disantap ke dalam mulut

Jadi itulah dasar mengapa seorang chef sekelas Devina Hermawan tanpa ragu menggunakan brand butter dari Selandia Baru ini.

Tips Resep Tart Jamur ala Devina Hermawan

resep tart jamur
Ilustrasi tart jamur. Foto: Wikipedia.

Bagi Anda yang ingin membuat kreasi tart jamur ada cara mudah. Chef Devina Hermawan membagikan tips sebagai berikut:

  1. Pertama potong Anchor Unsalted Butter ke dalam ukuran kecil untuk dijadikan sebagai adonan kulit tart. Setelah itu masukkan ke dalam mangkuk.
  2. Masukkan garam dan tepung terigu ke dalam mangkuk lalu aduk sampai seperti pasir menggunakan tangan. Berikan air es lalu aduk sebentar kemudian bungkus menggunakan cling wrap.
  3. Masukkan ke dalam kulkas selama satu jam.
  4. Siapkan karamel dengan mengiris bawang bombay, tumis menggunakan api besar sampai harum dan berwarna kecoklatan. Berikan garam, lada hitam, gula pasir, serta daun thyme, masak menggunakan api kecil sampai kecoklatan.
  5. Matikan api kemudian masukkan Anchor Unsalted Butter lalu aduk sampai rata, sisihkan.
  6. Bentuk adonan dengan cara memipihkannya dahulu kemudian jadikan persegi panjang, tekan bagian pinggirnya, tusuk tengahnya menggunakan garpu. Setelah itu panggang di dalam suhu 170 derajat celcius dalam waktu 15 menit.
  7. Kini kita siapkan jamurnya. Potong jamur sesuai selera Anda. Setelah itu panaskan minyak, tumis jamur menggunakan api besar sebentar saja. Lalu masukkan sisa jamur, masak sampai kecoklatan dan harum. Jenis jamur yang digunakan dapat dua jenis yaitu oyster dan shimeji.
  8. Susun bawang yang sudah terkaramelisasi berikut krim jamur di bagian atas crust. Berikan tambahan keju parmesan parut, lalu panggang lagi menggunakan suhu 190 derajat celcius selama 10 menit.
  9. Resep tart jamur sudah jadi dan siap disajikan

Tips Tambahan dari Devina

Itulah tips membuat salah satu jenis tart dengan bahan baku jamur dan butter berkualitas ala chef Devina.

Butter ini dapat diaplikasikan ke dalam berbagai cara berbeda. Misalnya saja dalam kondisi dingin sangat pas untuk membentuk tekstur tart renyah,” kata Devina.

Hal ini dimungkinkan karena ketika butter berada dalam suhu dingin menjadi sangat padat. Oleh karena itu bahan baku ini tidak mudah meresap masuk ke adonan. Hasilnya butter membuat adonan menjadi flaky dengan lapisan renyah nan cantik setelah dipanggang.

“Bukan cuma untuk baking. Karena butter juga dapat digunakan untuk membuat enak jenis makanan seperti goreng, tumis, sampai makanan sup berkuah pun bisa,” lanjut Devina.

Baca juga: Saling Balas Twitter Antara Chef Devina dan Bogasari Berbuah 1 Ton Terigu untuk UKM

Bagaimana dengan Anda? Tertarik mencoba saran dari chef cantik ini? Siapa tahu kreasi Anda akan disukai banyak orang dan melejitkan bisnis bakery Anda! Yuk sampaikan pendapat Anda pada kolom komentar!

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments