Kisah Roti Unyil Si Mungil Nan Legit

Kota Bogor selain terkenal sebagai kota hujan juga memiliki banyak oleh-oleh kuliner yang unik. Salah satunya adalah Roti Unyil. Walaupun ukurannya mungil namun banyak diburu oleh warga lokal dan pelancong terutama pada akhir pekan.

Keunikan paling terasa adalah ukurannya yang lebih kecil dibanding roti pada biasanya. Hal ini memang terlihat sederhana, “hanya” mengubah ukuran menjadi kecil. Namun dari perubahan sederhana ini ternyata mendapat sambutan besar.

Usaha ini pada awalnya berangkat dari skala rumah tangga. Kira-kira seperti apa perjalanan bisnis Roti Unyil hingga sebesar sekarang?

Kisah Penggagas Venus Bakery

roti unyil
Ilustrasi produk roti mungil. Foto: jejakpiknik.com.

Baca juga: Kisah Bakery Legendaris Tan Ek Tjoan Tak Lekang oleh Zaman

Saat ini brand Roti Unyil dikenal sebagai entitas bisnis di bawah Venus Bakery. Ternyata dibalik brand Venus Bakery ada seorang sosok pengusaha bernama Hendra Saputra Hawidjaja. Ia memulai usahanya ini sejak 1992.

Sebagaimana dilansir dari IDX Channel, Hendra bersama kakaknya bernama Harlianty memulai usaha dari skala kecil-kecilan untuk memberi penghidupan keluarga. Rupanya kakak beradik ini ditinggal wafat oleh sang ayah sejak kecil sementara ibunda mereka juga wafat pada saat mereka berusia remaja.

Pada awalnya, roti yang mereka produksi sama seperti pada umumnya. Ukurannya standar dengan aneka rasa. Ketika di tahap awal ini pula mereka menjalani usaha menggunakan gerobak.

Sampai akhirnya Hendra membuat inovasi yang terlihat sederhana namun berdampak besar. Yaitu mengubah ukuran roti menjadi kecil dan mungil. Konsep unik ini rupanya diserap oleh pasar. Inilah titik balik usaha Hendra menjadi Roti Unyil.

Antusiasme masyarakat terhadap roti mungil menggemaskan nan lezat ini sangat besar. Karena tidak pernah ada sebelumnya produk makanan bagaikan miniatur namun memiliki rasa yang sama seperti produk pada umumnya.

Lambat laun skala usaha terus berkembang dan mereka mulai membangun gerai pertamanya di Jl. Sukasari Bogor. Lalu di tahun 2004, gerai ini pindah ke Ruko V Point, Jl. Pajajaran, Kota Bogor.

Karena skala usaha yang terus membaik, Venus Bakery menjelma menjadi perseroan terbatas dengan bendera PT Venus Prima Sentosa di tahun 2012. Perjalanan Venus Bakery terus maju sampai kini memiliki puluhan karyawan. Baik yang baru maupun mereka yang sudah menemani perjalanan usaha sejak 1992.

Venus Bakery kini menawarkan Roti Unyil dengan aneka rasa. Terhitung ada 25 varian rasa, mulai dari keju, coklat, nanas, srikaya, abon, green tea dan lain sebagainya.

Apa Resep Keberhasilan Roti Unyil?

roti unyil
Ilustrasi produk Venus Bakery. Foto: Pergikuliner.com.

Baca juga: Roti Konde Bogor Ini Berdiri Sejak 1974, Seperti Apa Kisahnya?

Kedua bersaudara dibalik Venus Bakery meyakini jika kualitas adalah unsur paling penting dari kesuksesan Roti Unyil. Keduanya telah menjaga kualitas bahan dan resep yang mereka gunakan sejak pertama kali memulai bisnis. Hendra selalu menggunakan bahan-bahan kualitas terbaik dalam setiap proses produksinya.

Strategi bisnis lainnya yang diterapkan Hendra adalah tidak membuka cabang di kota lain. Cara ini berhasil karena tokonya tidak pernah sepi pembeli. Salah satu penyebabnya karena produk roti mungil ini sudah mendarah daging di benak masyarakat sebagai oleh-oleh khas kota Bogor.

Selain itu tidak membuka cabang dilakukan untuk mengontrol kualitas roti agar tetap terjaga dengan baik. Pasalnya, roti yang dijual Hendra dan Herlianty ini sama sekali tidak menggunakan bahan pengawet, sehingga hanya bertahan selama 2 hari.

Itulah kisah menarik dibalik roti mungil nan legit dari kota hujan, Bogor. Resep pemilik bisnis yang mengutamakan kualitas patut Anda serap dan praktekkan agar bisnis Anda juga mampu meraih peluang keberhasilan yang sama seperti Venus Bakery.

Selain itu, perlu diingat bahwa mereka memulai dari sebuah inovasi. Hendra berani mendobrak pakem ukuran roti pada umumnya dan berhasil. Anda juga bisa melakukan inovasi tertentu pada produk Anda.

Cari dan gali terus kreativitas Anda untuk menemukan inovasi terbaik sehingga produk Anda berbeda dari yang lain.

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments