Pengusaha Kuliner Perlu Memperhatikan 7 Hal Penting Saat Ramadhan

Ilustrasi rumah makan. Foto: Google Commons

Bulan Ramadhan sudah tiba, namun tidak ada salahnya terus melakukan inovasi produk dan jasa jika Anda adalah pengusaha kuliner. Jangan biarkan momen Ramadhan ini berlalu begitu saja karena tersimpan banyak sekali potensi besar di dalamnya. Perhatikan beberapa hal penting saat Ramadhan agar penjualan Anda memuncak.

Seperti yang kita ketahui, kegiatan mayoritas penduduk Indonesia khususnya umat muslim akan berbeda dibandingkan bulan yang lain. Mulai dari jam tidur, bangun tidur sampai kebiasaan mengkonsumsi makanan akan turut berubah.

Apalagi hal yang berubah? Salah satu hal yang paling ditunggu oleh pengusaha kuliner adalah meningkatnya animo masyarakat terhadap aneka menu dan sajian makanan secara signifikan.

Agar Anda selaku pengusaha kuliner khususnya pengrajin aneka menu baking tidak ketinggalan kereta, Anda perlu memperhatikan beberapa hal penting berikut:

1. Tawarkan Produk yang Menargetkan Keluarga

pengusaha kuliner

Satu hal penting saat Ramadhan yang tidak bisa didapatkan pada bulan lain adalah meningkatnya kegiatan bersama keluarga dikutip dari cashlez. Sehingga wajar apabila produk kuliner Anda sebisa mungkin ditujukan kepada pangsa pasar keluarga.

Lakukan aneka kreasi dan penawaran khusus yang mampu menjangkau minat hati keluarga Indonesia. Misalnya dengan memberikan program diskon buy 2 get 1, atau promo Ramadhan dengan pembelian produk tertentu maka akan mendapatkan tambahan varian yang cocok untuk anak-anak.

Apabila Anda bergerak di produk baking, Anda juga bisa membuat aneka menu yang dapat dijadikan paket berbuka puasa bersama keluarga. Sebisa mungkin bayangkan apa yang harus Anda lakukan agar produk Anda dapat dinikmati oleh seluruh anggota keluarga.

2. Mengubah Suasana Toko Anda Juga Termasuk Hal Penting Saat Ramadhan

hal penting saat ramadhan

Apabila Anda memiliki toko fisik atau offline, maka cobalah untuk mengatur suasana toko Anda sedemikian rupa dengan nuansa Ramadhan. Anda dapat melakukan perubahan sederhana seperti menggunakan warna-warna hijau yang identik dengan kaum muslimin.

Anda juga bisa menambahkan ornamen-ornamen seperti bedug, masjid, atau gambar bulan dan bintang. Selain itu jika memungkinkan, putarlah lagu-lagu religi yang mencerminkan semangat beribadah.

Sehingga siapapun yang mengunjungi toko roti atau kue Anda, akan langsung merasakan indahnya nuansa Ramadhan. Jangan lupa juga untuk turut mendekorasi situs atau akun medsos bisnis Anda dengan nuansa Ramadhan.

Sehingga media promosi Anda akan maksimal baik melalui online atau offline.

3. Promosi Khusus Bulan Puasa

hal penting saat ramadhan

Sebetulnya bagian ini sudah disinggung pada point pertama di atas. Namun karena promosi merupakan salah satu “pemancing” terbesar untuk memikat hati konsumen, maka tak ada salahnya bagian ini dibahas lebih mendalam.

Ingatlah, bahwa Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia. Sehingga Anda dapat membayangkan betapa besar potensi yang ada. Ada berbagai macam cara dan bentuk promo yang dapat Anda lakukan.

Seperti potongan harga, bonus produk, program donasi dari penjualan. Untuk menarik pelanggan, cobalah untuk membuat konten promosi sekreatif mungkin, yang kemudian dapat Anda posting di toko Anda atau di media sosial dan situs web.

Pelajari juga bagaimana trend yang terjadi di media sosial dan mesin pencari. Contohnya Twitter yang sering memberikan analisis data pencarian penggunanya. Dari data tersebut Anda dapat mengetahui kata kunci apa yang sedang naik daun.

Manfaatkan riset data tersebut dengan produk yang Anda miliki. Pikirkan bagaimana mengaitkan antara trend di internet dengan lini bisnis roti, kue dan cake yang Anda miliki.

4. Atur Jam Operasional

hal penting saat ramadhan
Ilustrasi rumah makan. Foto: Google Commons

Hal penting saat Ramadhan yang tidak bisa Anda lewatkan adalah mengatur jam operasional Anda. Terlebih lagi jika Anda memiliki karyawan. Saat berpuasa semua orang kembali menyesuaikan diri.

Seseorang akan bangun tidur lebih cepat dari hari-hari biasanya untuk menyiapkan sahur. Jangan sampai karena Anda terlalu memikirkan produktivitas dan penjualan lalu melupakan jika staf, karyawan, anggota tim bahkan Anda sendiri adalah manusia biasa.

Anda dan tim Anda juga harus menyesuaikan diri agar cukup waktu untuk beristirahat dan beribadah. Sekaligus mampu menembus target penjualan. Oleh sebab itu aturlah jam operasional sedemikian rupa agar tetap produktif sekaligus menjaga kebugaran diri Anda dan karyawan.

5. Menjaga Kesehatan Diri adalah Hal Penting Saat Ramadhan

hal penting saat ramadhan
Ilustrasi olahraga. Foto: Google Commons.

Perlu Anda ingat bahwasanya pandemi COVID-19 masih ada di bulan Ramadhan 2022 ini. Anda tetap harus waspada dan jangan lengah karena kondisinya telah melandai. Bagaimanapun juga, Anda tidak ingin terpapar resiko untuk terkena virus bukan?

Usahakan agar badan Anda selalu bugar dengan menjaga asupan makanan bergizi dan jam istirahat yang mencukupi. Atur menu ketika berbuka dan sahur dengan rangkaian makanan bergizi dan bernutrisi. Lengkapi dengan olahraga ringan menjelang berbuka agar badan makin bugar.

Kemudian selalu siapkan perangkat kesehatan seperti masker, pembersih tangan dan selalu menjaga kebersihan toko atau tempat usaha Anda. Bersihkan selalu dapur dan perkakas pengolahan yang Anda gunakan.

Jika Anda memberikan layanan pesan antar pastikan pula untuk memeriksa kebersihan produk dan kondisi pengantar pesanan.

6. Persiapkan THR

hal penting saat ramadhan
Ilustrasi toko kue. Foto: Google Commons

Di Indonesia ada sebuah pos pengeluaran yang menjadi hal penting saat Ramadhan. Pos tersebut bernama Tunjangan Hari Raya atau THR. Sebagai pebisnis Anda harus ingat bahwa THR merupakan hak setiap karyawan atau staf yang bekerja di bawah Anda.

Persiapkan sebaik mungkin sejak jauh-jauh hari. Perhatikan keuangan bisnis Anda dan hitung THR untuk setiap karyawan. Saat melakukan THR, Anda juga perlu memperhatikan waktu yang tepat.

Jangan sampai, THR baru akan diberikan saat Idul Fitri sudah dekat. Paling tidak, THR diperoleh seminggu sebelum Lebaran sehingga bisa digunakan untuk persiapan Lebaran bersama keluarga.

7. Bergabung Bersama Komunitas Pebisnis

Ilustrasi komunitas pebisnis. Foto: Google Commons.

Jika Anda ingin terus berkembang dalam bisnis kuliner Anda, maka penting sekali untuk Anda bergabung dengan komunitas yang memahami Anda.

Dengan menjadi bagian dari komunitas, Anda akan mudah mendapatkan informasi yang spesifik mengenai bisnis Anda.

Contohnya saja saat Anda mendapatkan rekomendasi dari rekan Anda sesama pebisnis roti untuk menengok laman Bake.Co.Id yang saat ini Anda baca. Barangkali Anda tidak akan menemukan informasi berharga mengenai dunia roti, cake dan pastry jika mereka tidak menyampaikannya kepada Anda.

Dengan berbagi bersama rekan pengusaha kuliner lainnya Anda dapat mengetahui informasi dan trend terkini dari aneka ragam produk makanan. Anda juga dapat berbagi informasi yang mungkin hanya Anda yang mengetahuinya.

Selain itu, dengan mendapatkan informasi terbaru tentang dunia kuliner khususnya produk baking, Anda juga dapat mengetahui seluk beluk bisnis dan peralatan yang dibutuhkan. Anda dapat berkonsultasi dan menentukan program bisnis apa yang akan Anda lakukan untuk menjangkau lebih banyak potensi pasar selama Ramadhan.

Kesimpulan

Ada berbagai hal penting saat Ramadhan yang perlu diperhatikan oleh pebisnis kuliner. Mulai dari program promosi khusus, mengubah suasana toko dan situs web, sampai aktif bersama komunitas pebisnis kuliner lainnya.

Apapun upaya yang Anda lakukan, selalu sertakan semangat Ramadhan di setiap langkah Anda. Sebarkan keinginan untuk terus berbagi kebaikan dan manfaat baik kepada karyawan, mitra, dan pelanggan Anda.

Selamat berbisnis selama Ramadhan dan raih keberkahannya!

Baca juga tips menarik lainnya:

Cuma dengan Modal 100 Ribu, Pria Ini Menjadi Milyarder dari Bisnis Roti Canai

6 Rekomendasi Kue Kering Lebaran untuk Bisnis Rumahan

Promo Buka Puasa Hotel di Cawang Ini Patut Dicoba

Tips Berbisnis Kue Kering yang Tak Lekang Oleh Waktu

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments