Mari Jelajahi Inovasi Peralatan Baking Saat Ini. Apa Saja?

Ilustrasi peralatan baking. Foto: pxfuel

Jika Anda adalah salah satu pelaku usaha baking atau saat ini sedang berniat untuk menjalankan usaha roti, cake & pastry, Anda perlu menyimak berbagai inovasi peralatan baking saat ini. Sebab dengan peralatan yang tepat, Anda akan mampu menghasilkan produk dalam jumlah yang banyak dan konsisten.

Seperti yang mungkin telah Anda ketahui, konsistensi adalah suatu hal yang penting bagi sebuah bisnis baking. Anda tentu tidak ingin jika produk hari ini berbeda dengan esok hari bukan? Pelanggan akan kecewa jika roti atau kue buatan Anda selalu naik-turun kualitasnya.

Selain itu, industri bakery terus menerus mencari peralatan yang mampu meningkatkan otomasi, hemat biaya kerja, bersih dan tidak memerlukan banyak sentuhan tangan manusia.

Hal ini penting karena akan memberikan pengalaman baru di mata konsumen. Juga, dengan menggunakan perkakas yang tepat, kebersihan dan keamanan produk juga lebih terjamin.

Perkembangan Inovasi Peralatan Baking yang Sedang Terjadi Saat Ini

inovasi peralatan baking
Foto: Guataka

 

Inovasi peralatan baking ini diamini oleh Luc Imberechts, selaku pemilik Bakon USA. Perusahaan ini mengembangkan Drop TT depositor generasi kedua yang dilengkapi layar sentuh lebih besar, ditambah pompa dan saluran yang mudah diganti dan dibersihkan.

Alat ini cocok untuk membuat berbagai rangkaian roti Perancis. Sebut saja eclairs, choux, macarons dan butter cookies.

“Kami juga memperkenalkan Bazz 50, alat semprot terbaru dengan kompresor yang hanya memerlukan outlet standar dengan tegangan 115V,” ujar Luc. “Penyemprot ini sangat berguna untuk melepaskan berbagai elemen rasa dan tampilan, seperti egg wash, atau bahan cair lainnya seperti susu atau sirup.”

Sonia Bal, direktur pemasaran global dar Unifiller System juga mengatakan tren di industri bakery saat ini adalah perkakas yang lebih kompak. Selain itu bagaimana agar peralatan tersebut memiliki sistem otomatis dan konektivitas untuk memastikan tingkat respons yang tinggi saat digunakan.

“Namun semua itu tergantung pada skala bakery, persaingan pasar dan model bisnisnya,” ujar Bal. “Contohnya saja bakery artisan, yang menekankan dekorasi kue buatan tangan. Sementara di sisi lain, bakery komersial berskala besar memprioritaskan konsistensi, standarisasi dan volume produksi yang tinggi.”

John McIsaac, presiden pengembangan strategi bisnis untuk Reiser, Canton, mengungkapkan inovasi peralatan bakery yang mereka miliki berupa index conveyors untuk memproduksi kue sangat dibutuhkan di industri roti dan kue.

“Teknologi indexing dan shuttle conveyor kami mampu mengotomasi produksi sehingga dapat mengurangi kebutuhan buruh kerja dan memaksimalkan kapasitas produksi,” kata McIsaac.

“Seri Vemag kami dapat membantu produsen untuk mengganti campuran adonan dengan cepat. Satu unit Vemag ditambah beberapa setelan mudah dapat membantu bakers memproduksi serangkaian produk berbeda dengan mudah,” ia berkata.

Inovasi Peralatan Baking Otomasi Cerdas

inovasi peralatan baking
Foto: Guataka

Peralatan baking modern. Foto: Guataka

Dari perusahaan Bakon, air-mix sprayer bernama Bazz 50 sangat ideal untuk melepaskan berbagai bahan cair. Fitur utama alat ini adalah built-in compressor yang hanya memerlukan listrik 115V.

Alat ini digunakan untuk melepaskan berbagai agen bahan atau rasa seperti minyak, telur, susu, air dan cairan dingin lainnya.

Bakon juga menelurkan alat BD3 yaitu alat piston depositor. Piston depositor adalah alat untuk mengalirkan filling atau isian roti atau kue dengan cepat dan tepat. Mesin ini dirancang untuk memenuhi berbagai jenis produk, terutama untuk berbagai produk yang terbuat dari kacang-kacangan, buah, coklat dan lain sebagainya.

Ukurannya yang kompak membuat BD3 sangat cocok digunakan untuk kuantitas yang lebih kecil. Sangat sesuai memenuhi kebutuhan industri rumahan seperti toko roti kecil, catering, hotel atau rumah makan.

Walaupun mesin ini kecil namun fiturnya sangat lengkap, kuat, mudah digunakan dan terdiri dari tiga model yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Alat Depositing untuk Memenuhi Volume yang Lebih Besar

Ilustrasi alat depositing. Foto: flickr

Unifiller Systems turut berinovasi dengan meluncurkan iFill Depositor yang dibuat untuk produsen roti yang memiliki volume produksi besar, sampai dengan 31 ons dalam satu deposit.

iFill memiliki serangkaian fitur yang mampu menjaga nampan produksi terjaga dari kontaminasi. Selain itu alat ini juga dilengkapi oleh pie wand sehingga pengisian kue pie lebih mudah.

Walaupun Unifiller menargetkan alat ini untuk produsen kue dan pie, namun pemanfaatannya tidak terbatas. Karena mampu meraih 100 siklus per menit sehingga dapat menjaga alur produksi tetap konsisten.

Siapapun yang menggunakan alat ini nantinya dapat mengatur seberapa besar kecepatan produksinya, meningkatkan tingkat pemrosesan adonan, mengoptimalkan tenaga kerja manusia serta pengaturan limbah produksi yang lebih higienis.

“Kami sadar, para bakers mencari asisten untuk segala aspek. Mereka ingin teknologi yang baru dengan penawaran yang belum pernah ada sebelumnya demi menarik minat pembeli dengan cara yang baru. Tapi tetap perhatian utama yaitu bagaimana memberikan rasa yang lebih enak. Pembaharuan rasa ini bisa didapatkan dari mengubah proses produksi atau mengubah bahan yang digunakan. Namun seringkali proses ini memakan banyak biaya. Disinilah produk kami hadir,” ujar Bal.

“Jika bakers ingin bereksperimen, peralatan kami dapat membantu mereka tanpa memakan waktu lama, sekaligus menjaga takaran filling, adonan dan bahan lain agar memastikan rasa dan bahan baku yang digunakan konsisten baik dari segi hasil atau ongkos produksi.”

Hal ini penting karena setelah pandemi menyerang, peralatan yang mampu menjaga kehematan biaya sekaligus menyediakan ruang untuk bereksplorasi semakin dibutuhkan. Apalagi mengingat fakta jika saat ini terjadi inflasi, perubahan kebutuhan hidup, semakin sedikitnya acara pameran kuliner, dan perubahan generasi ke generasi millenial dan Gen Z semakin menuntut otomasi.

“Otomasi mampu menghilangkan faktor kesalahan manusia dan inkonsistensi, kelelahan karyawan, atau kecelakaan kerja akibat harus terus menerus melakukan kegiatan dan pekerjaan yang sama berulang-ulang.

Bal mengatakan, “Inovasi peralatan bakery mampu menghilangkan berbagai masalah klasik karena mesin dapat diprogram untuk menjalankan aktivitas tertentu yang spesifik dan berulang.”

Bagaimana Inovasi Peralatan Baking di Indonesia?

inovasi peralatan baking
Peralatan baking modern. Foto: Guataka

Sementara itu di Indonesia sendiri juga ada sebuah perusahaan yang terus memberikan layanan inovasi peralatan baking bagi para bakers dan pecinta roti di Indonesia.

Nama perusahaan itu adalah PT. Guataka Horecaba Makmur Indonesia. Perusahaan ini menyajikan alat dan perlengkapan kuliner profesional bagi Anda pengusaha rumahan, atau pebisnis roti, kue dan cake berskala nasional maupun internasional.

Guataka merupakan perusahaan yang menyediakan peralatan dapur komersial untuk berbagai kebutuhan dapur komersial. Baik dalam skala kecil, menengah sampai kelas profesional.

Perusahaan dari Indonesia ini mencanangkan hal tersebut didasari oleh perkembangan dunia kuliner Indonesia saat ini. Baik yang dilakukan oleh perorangan dan baru memulai perjalanannya, atau oleh mereka yang telah berjalan cukup lama.

Seluruh pelaku industri bakery selalu membutuhkan berbagai inovasi peralatan bakery yang profesional, terpercaya dan berkualitas tinggi.

Rangkaian produk Guataka mencakup berbagai lini produksi. Mulai dari peralatan bakery, peralatan pemrosesan minuman dan peralatan untuk memasak.

Tidak ketinggalan pula peralatan seperti etalase, showcase, mesin untuk packaging, penyimpanan sampai alat untuk memproses sayur dan buah-buahan.

Apapun yang dicari dan dibutuhkan oleh pelaku usaha kuliner khususnya bakers dapat dipenuhi oleh Guataka.

Seluruh produksi alat ini memang sejalan dengan misi Guataka untuk terus memberikan pelayanan kepada UMKM kuliner dan inovasi teknologi yang tidak pernah berhenti.

Kesimpulan

Inovasi peralatan baking sangat dibutuhkan oleh seluruh bakers. Begitu pula Anda, yang memang sudah lama menggeluti dunia baking atau bagi Anda yang baru memulai langkah bisnis pertama.

Apapun skala usaha Anda, teruslah berinovasi dan lengkapi dapur Anda dengan berbagai peralatan baking yang mumpuni. Saat ini Anda tidak perlu khawatir dalam mencari peralatan yang dibutuhkan karena Guataka selalu hadir untuk pelaku kuliner dan bakers Indonesia.

Selamat berinovasi dan teruslah berkreasi!

Simak juga artikel menarik lainnya:

Inovasi Peralatan Produksi Cookies yang Efisien

Peran Robot di Industri Roti dan Kue. Ancaman atau Peluang?

Cuma Perlu 3 Menit untuk Membuat Pizza Menggunakan Mesin Ini

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments