3. Membuat Rencana Marketing
Setelah Anda menetapkan tujuan, berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah membuat rencana marketing. Cara pemasaran yang tepat meningkatkan peluang Anda untuk meraih konsumen baru dan mempertahankan pelanggan lama.
Cari berbagai cara dan taktik untuk menjangkau target konsumen Anda. Baik melalui media sosial, promosi di toko secara langsung, mulut ke mulut, dan lain sebagainya. Pastikan juga seluruh rencana pemasaran dapat dilakukan sesuai dengan anggaran yang Anda miliki.
4. Membuat Rencana Bisnis Kuliner dengan Menentukan Anggaran
Karena anggaran berperan penting terutama saat melakukan pemasaran atau promosi, maka langkah selanjutnya adalah Anda perlu menetapkan anggaran. Hal ini sangat krusial agar terhindar dari over budget di tengah jalan. Jika anggaran tidak mencukupi saat Anda melakukan pemasaran maka perencanaan bisnis Anda bisa berantakan.
Rencana anggaran akan membantu Anda menentukan sumber daya yang Anda miliki, juga membantu bisnis Anda untuk tetap di jalurnya (Stay on track). Pertimbangkan berbagai hal yang dapat berpengaruh pada anggaran. Mulai dari biaya bahan baku, biaya operasional, sampai anggaran untuk promosi.
Pastikan juga untuk membuat rencana bagaimana Anda menangani pengeluaran tidak terduga yang sangat mungkin terjadi ketika bisnis berjalan.