Tren Rasa Tahun 2024: Apa Saja Rasa yang Akan Menjadi Favorit Konsumen di Tahun 2024?

Rasa yang Kontras

tren rasa 2024
Tamarind. Unsur rasa yang diperkirakan tren pada 2024. Foto: Wikipedia.

Masih berkaitan dengan “rasa fantasi” pada sub judul sebelumnya. Perilaku konsumen di tahun mendatang diperkirakan akan semakin menikmati rasa yang berlawanan atau kontras dalam makanan dan minuman.

Rasa kontras dapat menciptakan sensasi yang menarik dan mengejutkan, seperti manis dan asin, pedas dan dingin, atau asam dan pahit. Rasa kontras juga dapat mencerminkan keberagaman dan inklusivitas dalam masyarakat global.

Misalnya tamarind. Tamarind memberikan rasa asam, asin, dan pedas pada makanan dan minuman. Rasa tamarind adalah rasa yang berasal dari buah asam jawa (Tamarindus indica). Sejenis buah polong yang berwarna coklat dan berdaging asam manis. Sering digunakan sebagai bumbu, saus, atau perasa dalam berbagai masakan, terutama di Asia Selatan, Asia Tenggara, dan Afrika.

Tren Rasa Tahun 2024 yang Mementingkan Kesehatan

Ilustrasi rasa black sesame. Foto: bakemag.

Ada sebuah tren yang diprediksi akan terus meningkat di tahun mendatang yaitu konsep health without stealth. Menggambarkan tren produk yang mendukung kesehatan holistik konsumen. Tentu saja unsur makanan sehat ini tetap memperhatikan rasa dan warna yang sesuai.

Contohnya adalah produk yang mengandung bahan fungsional, seperti peach, black sesame, ube, dan milk tea. Semua bahan tersebut dapat memberikan manfaat untuk relaksasi, hidrasi, kesehatan mental, dan fisik.

Rasa yang lebih sehat juga banyak diambil dari tanaman bunga. Sebut saja rasa bunga seperti chamomile, honeysuckle, dan mawar, adalah tren rasa botani yang paling cepat berkembang dalam makanan kemasan. Diikuti oleh herbal dan kemudian rempah-rempah dan biji-bijian.

Demikianlah pembahasan mengenai tren rasa tahun 2024 yang akan menjadi favorit konsumen. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan Anda wawasan baru tentang rasa-rasa yang akan populer di tahun 2024. Terima kasih telah membaca artikel ini dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments