Bagi Anda pelaku bisnis kuliner perlu mengetahui seperti apa tren rasa di tahun 2024 mendatang. Tahun 2024 akan menjadi tahun yang penuh dengan inovasi dan eksplorasi dalam hal rasa makanan dan minuman. Konsumen akan mencari rasa-rasa yang dapat memenuhi kebutuhan, keinginan, dan selera mereka, baik yang familiar maupun yang baru.
Apa saja rasa yang akan menjadi favorit konsumen di tahun 2024? Simak ulasan berikut ini!
Prediksi Tren Rasa Tahun 2024
Dilansir dari beberapa sumber, terdapat beberapa perkiraan arah tren rasa di tahun 2024 mendatang. Mulai dari kearifan lokal yang mendunia, sampai dengan tren rasa yang berasal dari bahan nabati.
Rasa yang Menembus Batas Wilayah
Tren rasa hidangan kuliner pada tahun 2024 diperkirakan akan menembus batasan wilayah dan regional. Semakin banyak rasa khas (local delights) dari berbagai belahan dunia yang diadaptasi ke hidangan-hidangan populer.
Di tahun 2024 diprediksi akan semakin tinggi keinginan konsumen untuk mengeksplorasi rasa lokal dan otentik dari berbagai budaya. Satu dari empat konsumen global mengatakan bahwa mereka tertarik dengan rasa yang berasal dari negara atau wilayah tertentu.
Rasa lokal juga dapat menciptakan koneksi emosional dengan konsumen. Hal ini sudah terjadi sejak masa pandemi dan terus berkembang ke depan. Beberapa contoh rasa lokal yang populer adalah matcha dari Jepang, dulce de leche dari Amerika Latin, dan masala chai dari India.
Tren Rasa Fantasi
Batasan rasa dari sebuah menu hanya ada pada sejauh mana Anda berani berimajinasi. Seiring dengan perkembangan rasa “fantasi” yang mencapai 23% pada tiga tahun terakhir, diperkirakan rasa baru yang berani akan semakin dicari.
Salah satunya adalah “rasa pelangi” dalam makanan yang mencampurkan banyak unsur rasa berbeda. Tren ini dipicu oleh generasi muda khususnya Gen Z yang selalu mencari rasa baru. Mereka ingin sebuah rasa makanan atau minuman yang berbeda, unik, orisinal, dan berani.
Contoh brand dunia yang mencoba mengakomodir tren ini adalah Coca Cola. Mereka menggunakan bantuan kecerdasan buatan (AI) untuk menciptakan rasa baru sesuai dengan selera konsumen. Mereka menyebutnya, “taste the future”.
Halaman berikut: Rasa kontras dan sehat disukai konsumen lho!