5. Pembeli Ingin Mendapatkan Pengalaman Lebih
Selain produk roti atau kue yang enak, kini pelanggan ingin mencari produk yang bisa memberikan mereka pengalaman atau nilai tambah. Jadi di balik sepotong roti yang Anda jual itu harus terkandung makna yang jauh lebih besar.
Sebagian besar kesamaan yang dicari oleh konsumen saat ini yaitu; PENGALAMAN atau KESAN. Seenak apa roti coklat yang Anda suguhkan? Kelembutan seperti apa yang akan dirasakan pembeli? Apakah produk Anda bisa menggugah keinginan pembeli untuk menyebarkannya ke akun media sosial? Mampukah roti dan kue Anda menghangatkan suasana makan di tempat sambil bercengkrama bersama teman?
Berikan nilai tambah maka bakery Anda akan diingat oleh pelanggan setia Anda. Contohnya beberapa toko roti legendaris seperti Tan Ek Tjoan atau Lauw. Walaupun masih menggunakan cara lama dalam menjual, tapi unsur kenangan dan nostalgia di dalamnya membuat pembeli menjadi setia. Sebab di dalamnya bukan sekedar roti tetapi tersimpan perjalanan panjang hingga saat ini.
Perubahan pasti terjadi, begitu pula perilaku konsumen bakery. Dengan bersiap menyambut perubahan maka Anda akan lebih mampu mengantisipasi kebiasaan baru dari pola belanja pelanggan Anda. Sukses selalu bakers Indonesia!