Ketika Anda menjalankan bisnis kuliner maka yang perlu Anda pikirkan bukan hanya bagaimana rasa dari produk Anda. Ada hal lain yang juga tak kalah penting yaitu branding dan kemasan. Bagaimana dua hal ini mempengaruhi bisnis Anda?
Dilansir dari sebuah ulasan khusus berjudul The Brief on Branding and Packaging Design yang diterbitkan pada laman Baking Business, branding bukan sekedar memberikan sampul atau label pada kemasan. Baik branding dan kemasan sama-sama mampu membuat bisnis Anda berbeda dari yang lain.
Menurut Kathleen Casford, founder agensi branding dan desain berbasis di Brisbane, merancang sebuah brand atau merk bagaikan mencetak seorang individu.
“Ketika berusaha membentuk sebuah brand layaknya manusia. Kami memikirkan bagaimana sebaiknya cara ia berbicara, dan apa yang seharusnya ia katakan,” kata Kathleen. Menurutnya, branding adalah bagaimana cara Anda membentuk sudut pandang konsumen terhadap Anda dan membangun hubungan bersama mereka.
Branding dan Kemasan Menjadi Pembeda antara Anda dengan Orang Lain
Lebih jauh Kathleen mengatakan bahwa branding dan kemasan adalah dua hal yang mampu membedakan antara Anda dengan bisnis lain.
Saat ini konsumen dihadapkan oleh banyak sekali pilihan. Dari satu rak saja mereka akan melihat berbagai macam produk dari perusahaan berbeda. Karena itu sangat penting agar brand Anda terlihat berbeda dan menonjol dibandingkan yang lain.
Tapi bagaimana caranya untuk membuat brand Anda berbeda?
Ada beberapa cara untuk membangun branding di mata konsumen. Pertama, Anda pelajari dulu peta persaingan yang ada. Kemudian cari apa yang ingin Anda sampaikan kepada konsumen.
Setelah Anda menemukan pesan yang ingin Anda sampaikan, cari cara unik bagaimana mengkomunikasikannya kepada konsumen. Baik itu dari gambar, pilihan warna, kata-kata, atau desain tertentu yang hanya dimiliki oleh Anda.
Salah satu cara membedakan antara produk Anda dengan yang lain salah satunya dapat melalui kemasan. Rancangan kemasan yang unik bisa memberikan nilai tambah terhadap merek Anda. Konsumen juga akan semakin sadar bahwa merek Anda berbeda dari yang lain hanya dari kemasannya saja.
Contohnya ketika Anda memiliki bisnis kue. Dibanding menggunakan kemasan yang umum berbentuk kotak, cobalah bermain dengan bentuk. Misalnya Anda menggunakan kemasan berbentuk silinder, dengan desain menarik di depannya. Ketika konsumen melihat bungkusnya saja mereka akan semakin penasaran apa yang ada di dalam.
Sensasi Membuka Kemasan atau Unboxing
Pernahkah Anda melihat video unboxing di YouTube? Padahal jika dipikir-pikir lagi, apa istimewanya kegiatan seseorang membuka kotak kemasan bukan? Nyatanya video seperti ini ramai disaksikan dan sering masuk ke urutan 10 besar video YouTube yang paling banyak ditonton.
Mengapa itu terjadi?
Patut diakui, ada sensasi tersendiri ketika membuka kemasan yang dibuat dengan baik dan menarik. Bagi konsumen, sentuhan pertama kali antara diri mereka dengan produk Anda adalah ketika mereka melihat dan memegang kemasan. Anda bisa jadikan pengalaman ini sebagai sesuatu yang tak terlupakan.
Kemasan yang dirancang dengan baik dapat membangkitkan perasaan gembira, penasaran, sampai keinginan untuk merekam momen ketika mereka membukanya.
Tips Membuat Kemasan yang Menarik dan Berdampak Positif Terhadap Brand Anda
Ada beberapa tips agar kemasan yang Anda miliki bisa berdampak positif terhadap produk kuliner Anda:
- Kemasan ramah lingkungan: Kemasan yang dibuat dari bahan daur ulang atau dapat diurai lingkungan dapat membuat citra positif di mata pelanggan. Apalagi saat ini perhatian akan kondisi lingkungan terus meningkat. Brand Anda akan dilihat sebagai bisnis kuliner yang memperhatikan dampak berkelanjutan.
- Desain kemasan musiman: Kemasan dengan tema tertentu sesuai dengan tren yang terjadi dapat membuat brand Anda menonjol. Misalnya saat artikel ini ditulis sebentar lagi akan masuk ke musim libur lebaran. Nah, Anda dapat menambahkan label khusus, stiker, pita, atau desain yang berkaitan dengan tema lebaran pada bungkus produk Anda.
- Minimalis: Desain minimalis dapat menonjolkan keindahan produk dan memberikan kesan elegan. Pastikan untuk memilih palet warna yang sederhana dan garis desain yang bersih. Minimalisme diyakini dapat lebih menarik perhatian pelanggan dibandingkan dengan kemasan yang rumit atau terlalu banyak ornamen.
Kesimpulan Branding dan Kemasan di Dalam Bisnis Kuliner
Jadi apa yang bisa disimpulkan dari branding dan kemasan di bisnis kuliner? Branding adalah cara bagaimana Anda membuat konsumen memandang Anda melalui pesan yang Anda sampaikan. Salah satu cara untuk menyampaikan pesan dapat melalui kemasan.
Kemasan semakin menempati posisi penting dalam bisnis kuliner. Mulai dari sensasi yang dirasakan konsumen saat membuka kotak kemasan, sampai dengan membedakan antara Anda dengan brand lain.
Gunakan kata-kata, warna, dan desain unik pada kemasan untuk menyampaikan pesan brand Anda. Kemudian gunakan bahan ramah lingkungan, sesuaikan dengan tema atau tren yang terjadi, dan desain minimalis pada kemasan Anda.