Tahukah Anda, 56% konsumen bakery dunia semakin tertarik pada produk dengan warna terang dan mencolok? Begitu pula saat Anda berkunjung ke toko roti atau kue di sekitar Anda, pasti menemukan banyak kudapan dengan aneka warna. Apakah pengaruh warna akan semakin penting pada masa depan industri bakery?
Dilansir dari Vibrant Colors to Dazzle the Future of The Baking Industry oleh Michelle Smith yang diterbitkan oleh Bake Magazine, kemungkinan besar hal itulah yang akan terjadi. Karena faktanya ketika orang berkunjung ke bakery di seluruh dunia akan mudah melihat aneka warna produk roti baik itu merah, biru, merah muda, ungu, dan lain sebagainya.
“Sebanyak 56% konsumen global mengatakan mereka lebih menyukai makanan dengan warna terang dan mencolok,” kata Kelly Newsome, senior marketing manager, ADM.
“Contohnya warna merah muda yang terang memberikan ekspresi baru terhadap berbagai produk baking baik itu makanan penutup sampai kudapan. Salah satunya terjadi pada tren Barbiecore, viva magenta, dan warna Pantone yang menjadi tren 2023. Warna lainnya yang diyakini mampu mempengaruhi mood konsumen menjadi lebih bahagia antara lain warna biru, kehijauan, ungu, dan oranye.”
Pengaruh Warna Mencolok Menghiasi Industri Bakery
Hal yang sama juga disampaikan oleh Alice Lee, technical marketing manager untuk GNT USA. Ia mengatakan bahwa warna dapat memikat konsumen sampai ke tingkat emosional dan psikologis.
“Warna-warni cerah dari produk makanan dan kudapan dapat meningkatkan rasa keterikatan antara konsumen dan brand secara emosional dan psikologis,” kata Lee.
“Konsumen semakin mementingkan penggunaan warna yang menarik. Hal itu disebabkan keinginan mereka untuk mendapatkan produk yang mampu mengekspresikan kebahagiaan dan kreativitas. Pembeli modern saat ini semakin memprioritaskan produk yang menarik perhatian, sehat, tapi juga terbuat dari bahan alami.”
Warna Adalah Komponen Penting Pada Produk Baking
Menambahkan warna pada produk roti atau kue dapat membuatnya lebih menarik dan memperkuat ekspektasi konsumen tentang rasa tertentu yang diharapkan. Karena itu cobalah pertimbangkan untuk menambahkan warna tertentu pada produk roti atau kue Anda.
Saat ini warna menjadi salah satu komponen utama dalam menciptakan ekspektasi seseorang tentang sebuah makanan terutama dari segi rasa. Misalnya saja ketika pembeli melihat produk dengan warna merah terang maka mereka berasumsi jika makanan tersebut akan memiliki rasa cherry atau strawberry. Kemudian warna biru tua identik dengan rasa blueberry, warna kuning dengan makanan rasa lemon.
“Semakin tinggi intensitas warna produk, maka semakin besar ekspektasi konsumen tentang rasa tertentu,” kata Susan Frecker, Senior Application Scientist dari Oterra Inc.
Ia juga menjelaskan penggunaan pewarna makanan juga penting untuk mempertahankan warna yang menarik. Dengan begitu konsumen akan semakin terpikat pada produk roti atau kue. Hanya saja patut dicatat penggunaan pewarna makanan harus terbuat dari bahan aman untuk dikonsumsi.
Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa warna merupakan faktor penting dalam industri bakery. Warna mampu memikat konsumen secara emosional dan psikologis. 56% konsumen global lebih tertarik pada makanan dengan warna terang dan mencolok, dan hal ini akan semakin mempengaruhi masa depan industri bakery.
Warna juga dapat meningkatkan ekspektasi konsumen tentang rasa tertentu pada produk roti atau kue. Oleh karena itu, pemilihan warna dan penggunaan pewarna makanan yang tepat dapat menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan daya tarik dan penjualan produk bakery Anda.
Jadi, warna apa yang akan Anda berikan pada roti dan kue Anda?