Tips Membuat Konten Media Sosial
Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat post di media sosial. Menurut Mitchie Curran, seorang expert media sosial dari Mitchies Munchies di Las Vegas, ia mengatakan konten harus mampu merebut perhatian secepat mungkin.
“Kita hanya punya 3 – 7 detik untuk merebut perhatian orang lain.”
Ringkasan dari tips yang ia berikan adalah sebagai berikut:
- 150 Karakter Huruf untuk Deskripsi. Ia menyarankan untuk membuat deskripsi tentang bisnis Anda sebanyak 150 karakter huruf secara konsisten.
- Foto Profil yang Sama. Gunakan foto profil yang sama untuk seluruh platform media sosial.
- Kontak. Jelaskan bagaimana dan kemana harus mengontak Anda.
- Buat Video Pendek. Dengan tren TikTok dan Reels saat ini lebih baik Anda membuat post dalam bentuk bite-size atau cuplikan-cuplikan. Dengan begitu orang yang melihatnya akan tertarik untuk menonton berulang-ulang.
- Hindari Memposting Selfie. Jika Anda ingin mengembangkan bisnis maka fokus pada bisnis dan kisahnya, bukan pribadi Anda.
- Rumus 5 – 3 – 2. Setiap hari Anda sebaiknya berikan 5 like ke akun lain yang sejalan dengan bisnis Anda, berikan komentar ke 3 post berbeda, kemudian share 2 post.
- Mengunggah di Waktu yang Sama. Post konten di waktu yang sama setidaknya selama 30 hari berturut-turut sebelum mengubah skema waktu post.
- Pelajari Platform yang Sesuai. Media sosial yang berbeda memiliki ciri khas dan audiens uniknya sendiri. Twitter cocok untuk menyebarkan breaking news, sementara YouTube cocok untuk membuat post video panjang dan detail. Akan tetapi tidak ada rumus pasti. Anda perlu bereksperimen dan akhirnya akan menemukan pangsa pasar Anda sendiri
Kesimpulan Promosi Bisnis Kuliner di Media Sosial
Di bulan Ramadhan, animo konsumen untuk berbelanja makanan dan minuman biasanya meningkat tajam. Oleh karena itu, memanfaatkan media sosial untuk promosi bisnis kuliner menjadi sangat penting. Buat post secara konsisten, unggah pada waktu yang sama, dan buat video pendek adalah beberapa tips yang bisa Anda praktekkan.
Berbagai tips ini bukan saja berlaku di bulan Ramadhan saja tapi juga bisa diterapkan pada berbagai momen lainnya. Salam sukses dan semangat meraih cuan dengan merebut perhatian konsumen melalui media sosial!