Manfaatkan Media Sosial untuk Promosi Bisnis Kuliner Bulan Ramadhan

promosi bisnis kuliner
Ilustrasi kue yang dibentuk menjadi nama media sosial. Foto: Pxhere.

Selama bulan Ramadhan animo konsumen untuk berbelanja biasanya meningkat tajam. Begitu pula untuk bisnis makanan dan minuman. Agar Anda tidak kehilangan momen mari manfaatkan media sosial untuk promosi bisnis kuliner selama bulan Ramadhan!

Menurut Jenna Ptacek, CEO dari Butterbottoms berkata bahwa media sosial adalah cara efektif untuk menghubungkan antara bisnis dengan konsumen. Butterbottoms sendiri adalah sebuah bisnis online order yang dirancang untuk membantu bakery dan restoran lokal mengembangkan bisnisnya.

Apabila bakery sering melakukan posting maka akan terbangun rasa keterikatan dengan konsumen. Hal ini penting untuk dimanfaatkan khususnya pada bulan puasa ketika minat belanja sedang tinggi.

Promosi Bisnis Kuliner dengan Memposting Konten Pendek di Media Sosial

promosi bisnis kuliner
Ilustrasi taktik media sosial. Foto: Bakemag.

Cara paling efektif untuk memikat perhatian calon konsumen di media sosial yaitu melalui format konten pendek.

“Kami merekomendasikan untuk selalu membuat post sesederhana dan sependek mungkin. Karena konten seperti inilah yang paling efektif,” kata Ptacek sebagaimana ditulis pada liputan khusus oleh John Unrein untuk majalah digital Bakemag.

Masih di dalam liputan yang sama, ia juga menjelaskan konten edukasi dan sisi personal dari bakery dan bisnis kuliner akan berdampak positif.

Post edukasi dan post yang menunjukkan sisi personal bakery juga menunjukkan dapat memberikan dampak positif terhadap perilaku konsumen. Jenis konten seperti ini mampu membangun hubungan baik kepada konsumen dari berbagai jenis platform media sosial yang ada.”

Konsisten: Resep Efektif Promosi di Media Sosial

promosi bisnis kuliner
Ilustrasi kue yang dibentuk menjadi nama media sosial. Foto: Pxhere.

Selain membuat konten bersifat edukasi dan simple, ada resep lain agar bisnis kuliner Anda mampu merebut perhatian konsumen. Caranya yaitu dengan memposting secara konsisten.

Hal ini disampaikan oleh Elizabeth Hasset, direktur untuk pengalaman pelanggan digital di Dawn Food Products. Ia selalu menekankan pentingnya memposting secara konsisten. Misalnya post berupa beberapa resep setiap bulannya, kemudian konten pendek berisi saran atau tips praktis yang bisa dilakukan siapa saja.

Hasset juga mengatakan bahwa saat ini jika Anda tidak ‘memenangkan’ media sosial, maka Anda akan sulit untuk ‘menang’ sama sekali. Mengapa begitu? Jawabannya karena saat ini konsumen semakin bergantung pada media sosial.

“Saat ini konsumen sangat aktif mencari informasi apapun menggunakan media sosial. Mereka mencari inspirasi, tips, penelitian, sampai ide-ide kreatif lainnya. Hal ini juga didorong oleh aktivitas yang berubah. Ketika mereka semakin sibuk setiap harinya, fokus perhatian mereka semakin pendek. Karena itulah konten media sosial sebaiknya singkat, sederhana, tapi juga harus menarik dan mudah diingat,” kata Hasset.

Halaman berikut: Tips Membuat Konten di Medsos

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments