Jakarta kembali jadi surga pecinta manis. Jakarta Dessert Week (JDW) resmi digelar untuk ketujuh kalinya, menghadirkan deretan dessert edisi terbatas, pop-up bazar brand baru, hingga ajang penghargaan untuk para pelaku industri kuliner.
Acara pembukaan berlangsung pada Minggu (24/8/2025) di Central Park Mall, Jakarta Barat, dengan kehadiran lebih dari 300 tamu undangan. Mereka terdiri dari chef ternama, pemilik usaha kuliner, media, serta perwakilan pemerintah.
Mereka yang hadir itu antara lain dari Kemenparekraf, Kementerian Pariwisata, dan Pemprov DKI Jakarta. JDW juga masuk dalam daftar Karisma Event Nusantara (KEN), kumpulan event unggulan yang ditetapkan Kemenparekraf.
Program Utama Jakarta Dessert Week 2025
Salah satu yang paling ditunggu adalah Restaurant Week. Lebih dari 50 restoran dan brand kuliner menghadirkan dessert edisi khusus yang hanya tersedia selama periode 25 Agustus – 14 September 2025.
Beberapa nama besar yang ikut serta di antaranya FLOR (Ismaya Group), Knots (UNION Group), Braud, AB Steak, Kempi Deli, Pipiltin Cocoa, hingga 7AM. Program ini mendorong pengunjung untuk melakukan dessert hopping, mencicipi kreasi manis dari satu restoran ke restoran lain di Jakarta.
Selain itu ada Dessert Markt, pop-up bazar yang menampilkan lebih dari 35 brand baru di area Tribeca, Central Park Mall pada 4 – 14 September 2025. Beberapa nama yang ikut serta antara lain Bagai Mendapat Durian Runtuh, Serabi Mawar, Terve, Itsuka Cola, DOSA, hingga Doux Cookies. Program ini memberi kesempatan brand pendatang untuk memperkenalkan produk mereka langsung ke publik.
JDW juga kembali menggelar Golden Swirl Award, ajang penghargaan untuk insan terbaik di industri dessert. Tahun ini merupakan edisi kedua dan berlangsung pada 8 September 2025 di Plaza Indonesia.
A Tribute to Jakarta Menjadi Tema JDW 2025
Deputi Bidang Kreativitas, Budaya, dan Desain Kemenparekraf, Yuke Sri Rahayu, menegaskan subsektor kuliner kini menjadi tulang punggung ekonomi kreatif nasional dengan kontribusi 42% terhadap PDB ekraf pada 2024.
Staf Ahli Menteri Pariwisata Bidang Pembangunan Berkelanjutan, Fransiskus Xaverius Teguh, menambahkan Jakarta Dessert Week ikut memperkuat citra ibu kota sebagai destinasi gastronomi.
Sementara itu, Founder Indonesia Dessert Week, Gupta Sitorus, menjelaskan tema tahun ini adalah “A Tribute to Jakarta”. Menurutnya, Jakarta layak dirayakan sebagai pusat kreativitas dan rumah bagi banyak talenta pastry.
Inovasi Digital untuk Pengunjung
Tahun ini JDW menghadirkan aplikasi resmi hasil pengembangan Opaper. Melalui aplikasi, pengunjung dapat melihat berbagai informasi terkait acara ini. Mulai dari jadwal, mendaftar acara pop-up, hingga mengikuti dessert hopping dengan sistem cap digital.
Ada juga undian berhadiah KitchenAid, Nespresso, Cristel Cookware, voucher hotel bintang lima, hingga kursus kopi. HSBC turut memberikan promo khusus untuk pemegang kartu kredit, serta ada kontes harian Best IG Story dengan hadiah voucher makan di Markette.
Tentang Jakarta Dessert Week
Sejak pertama kali digelar pada 2019, Jakarta Dessert Week tumbuh menjadi festival dessert dan pastry terbesar di Indonesia. Acara ini menjadi ruang kolaborasi, edukasi, dan apresiasi sekaligus membawa kreativitas kuliner manis Indonesia ke panggung internasional.