Pernahkah Anda bertanya apa rahasia jualan Sari Roti hingga berhasil menjadi salah satu pemuncak brand roti di Indonesia? Rupanya jawaban yang ada cukup sederhana namun efektif, yaitu memfokuskan penjualan pada area perumahan dan permukiman serta terus mengembangkan diri.
PT Nippon Indosari Corporindo Tbk (ROTI) adalah nama dari perusahaan yang menaungi brand Sari Roti. Perusahaan milik Anthony Salim ini memang dikenal mudah ditemui dan didapatkan oleh siapa saja. Kapanpun Anda mencari produknya, Anda bisa menemukannya di mini market, warung sampai dengan tenaga penjual keliling.
Itulah rahasia jualan Sari Roti yang dilakukan terus menerus secara konsisten. Atas upaya bisnis yang dilakukan oleh perusahaan ini, ROTI mampu mempertahankan kinerja positif dan menargetkan untuk melanjutkan tren ini sampai akhir tahun 2022 nanti.
Rahasia Jualan Sari Roti Berhasil Mencatat Pertumbuhan Konsisten
Salah satu rahasia jualan Sari Roti dan terus merambah ke berbagai jenis konsumen terwujud ke dalam catatan penjualan positif. Pada periode Juni 2022 saja perseroan ini mampu membukukan angka penjualan Rp1,79 triliun. Angka ini menunjukkan kenaikan sebesar 15,10% dari yang sebelumnya sebesar Rp1,55 triliun.
“Kami sudah mampu meraih pertumbuhan penjualan mencapai 15%. Inilah yang ingin kami pertahankan. Kami sangat optimis mampu mempertahankan kinerja positif ini sampai akhir tahun nanti,” demikian keterangan dari Head Investor and Public Relation ROTI, Hadi Susilo saat konferensi di hadapan pers pada Public Expose Live 2022 sebagaimana dilansir oleh Okezone.com.
Perusahaan roti milik Anthony Salim ini telah mengupayakan berbagai strategi utama yang juga telah menunjukkan kinerja baik selama ini. Diantaranya adalah menguatkan penjualan melalui kanal tradisional dengan memfokuskan diri ke area perumahan atau pemukiman.
Kerja sama dengan distributor serta agen juga terus diperkuat untuk mendukung kemampuan penjualan positif yang selama ini sudah dimiliki. Akan tetapi bukan itu saja yang dilakukan oleh ROTI. Sebab rahasia penjualan Sari Roti terus menerus berinovasi. Salah satunya melalui jalur modern.
Memperkuat Kanal Modern
Selain melalui kanal tradisional seperti menjual secara tradisional dan menghampiri konsumen di area permukiman, ROTI juga merambah ke kanal modern. Tujuan dari langkah ini adalah demi menyesuaikan dengan perubahan dinamika perilaku belanja konsumen yang terjadi. Selain itu juga demi meningkatkan strategi promosi brand yang terkenal dengan roti tawar dan kini merambah ke bidang selai ini.
Rahasia Jualan Sari Roti dengan Cara Merambah Bisnis Baru
Brand image Sari Roti memang sudah cukup kuat di masyarakat sebagai merek roti ternama. Akan tetapi hal itu tidak membuat perusahaan ini duduk nyaman dan tidak mengembangkan diri. Justru mereka terus merambah ke bisnis baru yang masih tetap berkaitan dengan produk roti.
Jenis bisnis baru yang sedang dikembangkan itu antara lain terwujud ke dalam produk selai coklat dan susu coklat. Pengembangan ini juga merupakan hasil dari pertimbangan agar perusahaan selalu adaptif dan tanggap pada kondisi pasar terutama pasca pandemi.
Jalur distribusi yang sudah ada sebelumnya juga terus dipertahankan sekaligus terus menerus mengembangkan sebaran distribusi mencapai ke wilayah Timur dan Barat.
Tantangan memang tidak dipungkiri selalu ada. Misalnya saja kenaikan harga gandum yang merupakan dampak dari konflik di Rusia dan Ukraina serta perubahan harga bahan bakar yang terjadi. Menyikapi hal tersebut, pihak perseroan melakukan langkah strategis dengan cara mengefektifkan pengadaan demi mendapatkan harga pembelian terbaik.
“Kami juga terus mengelola biaya produksi serta operasional demi meraih keuntungan optimal seefisien mungkin,” tutup Hadi.
Rupanya itulah rahasia jualan Sari Roti yang mampu mencatatkan tren positif secara konsisten. Selain menguatkan penjualan melalui kanal tradisional, perusahaan ini juga berinovasi dengan merambah ke kanal modern untuk mengikuti perubahan perilaku konsumen.
Selain itu ROTI terus mencoba menjajaki bisnis baru seperti selai coklat dan susu coklat sebagai produk komplementer roti. Dengan begitu konsumen tidak perlu mencari brand lain untuk menikmati roti tawar dengan tambahan selai. Langkah ini bisa dibilang sederhana namun cerdas dan bisa Anda tiru apabila Anda ingin mengembangkan bisnis roti sendiri.
Di sisi lain barangkali Anda memiliki resep rahasia jualan sendiri dan terbukti berhasil? Yuk berbagi bersama kami di kolom komentar!
Baca juga: Sari Roti Berekspansi dengan Merambah Bisnis Coklat